dc.description.abstract | Shafa Afifah Ridzal. Fakultas Kedokteran, Universitas Islam Malang, September 2023. Evaluasi Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Kegiatan Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Kedokteran. Pembimbing 1: Rosaria Dian Lestari, Pembimbing 2: Marindra Firmansyah.
Pendahuluan: Prestasi akademik dinyatakan menjadi parameter dan indikator penting pada kesuksesan sebuah pendidikan. Prestasi akademik mahasiswa bisa dicermati melalui nilai yang di dapat berbentuk IPK (Indeks Prestasi Kumulatif). Ada beberapa aspek yang berdampak pada prestasi akademik, satu diantaranya ialah berpikir kritis. Tujuan riset berikut ialah guna mengevaluasi kemampuan berpikir kritis dan pengaruhnya terhadap prestasi akademik secara langsung dan tidak langsung lewat perantara nilai post-test.
Metode: Riset berikut memakai desain observasi analitik melalui pendekatan cross sectional. Melalui pengukuran variabel bebas berupa kemampuan berpikir kritis menggunakan kuesioner dari Peter A. Facione, variabel manifest berupa post-test yang dibuat dengan kisi kisi taksonomi bloom dan buku petunjuk blok. Dan variabel bebas berupa prestasi akademik menggunakan nilai ujian akhir blok, IPS dan IPK. Semua hasil data dianalisis dengan teknik SEM (Structural Equation Model) melalui software Smart PLS 4.0.
Hasil: Kemampuan berpikir kritis baik sebesar 68%. Dimensi berpikir kritis yang terbesar adalah analisis (91.50%). Berpikir kritis berpengaruh terhadap post test (T-statistics=23.602) dan prestasi akademik (T-statistics=2.109) secara signifikan. Sedangkan post test berpengaruh terhadap prestasi akademik (T-statistics=2.406) dan sebagai mediasi dalam mempengaruhi prestasi akademik secara signifikan (T-statistics=2.336). Prestasi akademik dipengaruhi oleh berpikir kritis dan post test sebesar 7.2%.
Kesimpulan: Kemampuan berpikir kritis berpengaruh pada prestasi akademik dan kemampuan berpikir kritis berpengaruh terhadap prestasi akademik melalui post-test.
Kata kunci: Berpikir Kritis, Pembelajaran Berbasis Masalah, Post-Test dan Prestasi Akademik; | en_US |