Browsing LP - Indonesian Language Education by Title
Now showing items 22-35 of 35
-
PEMBELAJARAN BAHASA TULIS PADA ANAK AUTIS GANGGUAN INTERAKSI SOSIAL
(PBSI Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2013-12)The purpose of this study is to describe the written language learning on autistic children with social interaction disorder based on: the learning phase, pre-academic abilitities, and learning strategies. This is a case ... -
PEMBELAJARAN KETERAMPILAN LITERASI PERMULAAN ANAK DISABILITAS AUTIS DENGAN STRATEGI ABA MODIFIKASI PADA MASA PANDEMI COVID-19
(Program Pascasarjana Universitas Islam Malang, 2020-08)Pada masa pandemi Covid-19, anak disabilitas autis perlu mendapatkan penanganan khusus, agar kelak anak dapat hidup sejajar dengan anak normal. Penelitian ini bertujuan mengeksplanasikan dimensi stimulasi ... -
PENGEMBANGAN PEMERTAHANAN BAHASA MELALUI BUDAYA LOKAL GUYUB TUTUR DALAM KAJIAN ANTROPOLINGUISTIK
(LITERA Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta, 2017-04)Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan pemertahanan bahasa Jawa pada budaya lokal guyub tutur dalam kajian antropolinguistik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan perspektif emik dan ... -
PENGEMBANGAN TINDAK BAHASA TERAPI DALAM INTERVENSI ANAK AUTIS SPEKTRUM PERILAKU
(LITERA Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta, 2016-04)Penelitian ini bertujuan mengembangkan prototip tindak bahasa terapi dalam intervensi anak autis spektrum perilaku. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan model R2D2 (Recursive, Reflective, Design, and ... -
PENGGUNAAN BENTUK NONVERBAL SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMBELAJAR BAHASA ANAK
(LPPM Universitas Islam Malang, 2008-03-08)Tujuan penelitian ini adalahmengkaji penggunaan bentuk nonverbal strategi komunikasi pembelajar bahasa anak dalam pemerlehan kompetensi pragmatic berbahasa Indonesia. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif ... -
POTENSI SASTRA ANAK SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN NILAI
(Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2004-08-10)Sebagai salah satu bentuk karya seni, sastra dapat berbengaruh besar terhadap pembaca, terlebih-lebih pembaca anak-anak. Dengan membaca sastra seseorang bisa menjadi lebih toleran, lebih sabar, dan lebih dewasa, serta ... -
Profil Strategi Belajar Dan Dampaknya Terhadap Pencapaian Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Malang, 2016-05-23)This study aims to investigate the profile of the Indonesian language learning strategies that elementary school students use in terms of types, intercorrelations, and effects on learning outcomes. This was a correlational ... -
The Role of the Dynamics of Critical Thinking and Metacognitive Ability in the Successful Learning of Indonesian High School Students
(International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding (IJMMU), 2021-11-12)The purpose of this study is to examine the dynamics of students’ critical and metacognitive ability skills, and their contribution to achieving the success of high school students’ Indonesian learning. This study uses a ... -
Strategi Metakognisi Pembelajar Anak dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar
(Journal article // Cakrawala Pendidikan, 2015-02-15)Tujuan penelitian ini adalah mengkaji penggunaan strategi metakognitif dalam pembelajaran bahasa Indonesia (PBI) siswa SD yang meliputi (1) intensitas penggunaan strategi metakognitif pembelajar anak; (2) interkorelasi ... -
STRATEGI PENGGUNAAN POLA TUTURAN PEMBELAJAR BAHASA ANAK DALAM PEMEROLEHAN KOMPETENSI PRAGMATIK
(LPPM Universitas Islam Malang, 2008-03-08)Tujuan penelitian ini adalah mengkaji strategi pembelajar bahasa anak dalam pemerolehan kompetensi pragmatik berbahasa Indonesia. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian longitudinal, ... -
TINDAK BAHASA TERAPIS (GURU) DALAM INTERVENSI ANAK AUTIS SPEKTRUM PERILAKU
(Surya Pena Gemilang Malang Jawa Timur, 2015-09)Penelitian ini bertujuan mengeksplanasikan tindak bahasa terapi dalam intervensi anak autis spektrum perilaku dengan gangguan pragmatik dilihat dari segi pola, jenis, dan strategi komunikasi. Penelitian ini termasuk jenis ... -
TINDAK BAHASA TERAPIS (GURU) DALAM INTERVENSI GANGGUAN KOMUNIKASI
(Universiti Pendidikan Sultan Idris, 2014)Fokus makalah ini diarahkan pada kajian permasalahan mendasar yang perlu dipecahkan, yaitu tindak Bahasa terapi untuk anak autis gangguan komunikasi ditinjau dari jenis, fungsi, dan strategi. Kajian ini menggunakan pendekatan ... -
TINDAK BAHASA TERAPIS DALAM INTERVENSI PADA ANAK AUTISRVENSI KLINIS PADA ANAK AUTIS
(LITERA Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta, 2014-10)Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan jenis, fungsi, dan strategi tindak bahasa terapis dalam intervensi klinis kepada anak autis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan ancangan pragmatik klinis. ... -
University Readiness, Involvement and Lecturers’ Knowledge for Implementing Newest Curriculum in Indonesia: A Survey in an Islamic University in Indonesia
(International Journal of Social Science Research and Review, 2022-01)Recently, Indonesian Government published the latest curriculum in higher education namely, MBKM curriculum. However, it is highly noted that the less preparation of implementing curriculum can influence all the ...