Show simple item record

dc.contributor.authorFirdaus, Shafira Nuril
dc.date.accessioned2025-02-18T03:07:34Z
dc.date.available2025-02-18T03:07:34Z
dc.date.issued2024-08-07
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10631
dc.description.abstractManajemen penerapan pembelajaran berbasis fitrah pada anak usia 5-6 tahun di RA Syihabuddin Dau meliputi perencanaan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di RA Syihabuddin untuk menumbuhkan dan mengembangkan potensi dan fitrah yang tertanam pada diri anak sejak lahir pada usia 5-6 tahun. Latar belakang dalam penelitian ini yaitu bahwa RA Syihabuddin Dau merupakan lembaga yang menerapkan pembelajaran berbasis fitrah dengan program pembelajaran yang dibuat dengan tujuan menumbuhkan fitrah yang tertanam pada diri anak. Di RA Syihabuddin, metode pembelajaran yang digunakan dalam menumbuhkan fitrah pada diri anak yaitu dengan menggunakan metode montessori yang bertumpu pada konsep bermain sebagai cara menumbuhkan fitrah pada diri anak. Tujuan penelitian tentang manajemen penerapan pembelajaran berbasis fitrah pada anak usia 5-6 tahun di RA Syihabuddin Dau adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kegaiatan pembelajaran berbasis fitrah pada anak usia 5-6 tahun di RA Syihabuddin Dau. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan fenomenologi. Informasi mengenai subjek penelitian didapatkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi kepada kepala RA Syihabuddin, guru kurikulum dan juga guru kelas kelompok B. Sedangkan metode analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Dari analisis data yang didapat disimpulkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran berbasis fitrah pada anak usia 5-6 tahun di RA Syihabuddin adalah dengan mengkaji CP dan TP untuk merujuk kepada modul ajar yang akan dibuat sehingga menghasilkan kegiatan dan materi pembelajaran yang sesuai dengan fitrah anak juga membuat asessmen untuk mengevaluasi anak didik. (2) Proses pembelajaran berbasis fitrah di RA syihabuddin ini hanya terfokus pada satu fitrah yaitu fitrah keimanan yang dikembangkan melalui pembiasaan-pembiasaan seperti dialog fitrah dan karakter keimanan. Untuk pengembangan fitrah yang lain akan dikembangkan pada kegiatan pembelajaran yang telah disusun di modul ajar. (3) Hasil observasi dokumen capaian pembelajaran dan tujuan pembelajaran, modul ajar yang sudah dimodifikasi, dan kegiatan pembelajaran setiap harinya menunjukkan bahwa pengembangan fitrah pada anak usia 5-6 tahun dapat dikembangkan dengan baik melalui kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan setiap harinya. Kata Kunci : Manajemen Penerapan, Pembelajaran Berbasis Fitrahen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectManajemen Penerapanen_US
dc.subjectPembelajaran Berbasis Fitrahen_US
dc.titleManajemen Penerapan Pembelajaran Berbasis Fitrah pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Syihabuddin, Dau Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record