dc.description.abstract | Kegiatan pembelajaran bahasa arab di sekolah sebagian besar belum optimal dan banyak yang menganggap bahwa kegiatan pembelajaran ini sulit dan membosankan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa arab di Mts Al- Kautsar yang meliputi mengetahui seberapa jauh kemampuan murid Mts Al- Kautsar dalam pembelajaran bahasa arab pada keterampilan mendengar,Untuk mengetahui pengaruh metode audiolingual terhadap penerapan pembelajaran bahasa arab di Mts Al-Kautsar,Untuk mengetahui kesulitan apa saja yang dialami oleh murid dalam menggunakan metode audiolingual
Adapun metode yag digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif, cara penelitian yang dilakukan yaitu dengan cara mengumpulkan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang dipakai pada penelitian ini yaitu hasil wawancara dari pihak sekolah dan beberapa data tertulis.
Hasil dari penelitian ini yaitu: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa arab ini mencakup tiga tahap diantaranya yaitu pendahuluan, inti dan penutup. Kegiatan pembelajaran dengan metode ini tidak berdiri sendiri, akan tetapi mereka memiliki beberapa sanggahan diantaranya yaitu kitabah dan kalam. Hasil evaluasi kegiatan pembelajaran menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa arab dengan metode tersebut dikatakn berhasil. Karena mayoritas siswa terlihat aktif dan mampu mengingat beberapa mufrodat baru yang mereka temukan.pengaruh kegiatan proses pembelajaran bahasa arab dengan metode audiolingual di Mts al-kautsar pada kelas dua.
Kata kunci: Penerapan, pengaruh, media audiovisual | en_US |