Penggunaan Model Pembelajaran Keterampilan Mendengar Berbasis ICT pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Malang
dc.contributor.author | Rahma, Maulidya Anggita | |
dc.date.accessioned | 2025-02-18T03:30:44Z | |
dc.date.available | 2025-02-18T03:30:44Z | |
dc.date.issued | 2024-07-19 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10636 | |
dc.description.abstract | Keterampilan mendengar merupakan keterampilan utama dalam pembelajaran bahasa Arab. Pembelajaran keterampilan mendengar bukanlah proses yang mudah yang berlangsung tanpa adanya panduan, terutama dalam pengajaran bahasa bagi yang bukan penutur aslinya. Sehingga pembelajaran perlu menggunakan model pembelajaran yang bagus untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penulisan skripsi ini adalah: 1) Untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran keterampilan mendengar berbasis ICT pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Malang. 2) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi selama proses pembelajaran. 3) Untuk mengetahui solusi yang tepat untuk mengatasi kendala pada proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun alat pengunaan datanya adalah observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Dengan sumber data dari Mahasiswa, Dosen keterampilan mendengar dan kepala program studi. Penelitian ini menghasilkan beberapa poin sebagai berikut: 1) Pembelajaran keterampilan mendengar di prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Malang khususnya pada angkatan 2020 menggunakan media ICT sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran keterampilan mendengar. Media ICT yang digunakan seperti aplikasi Zoom Meeting, WhatssApp Group dan aplikasi Youtube. 2) Kendala yang dihadapi dalam penggunaan ICT sebagai media pembelajaran yaitu pada kendala jaringan dan akses internet yang tidak memadai dan penggunaan media ICT yang kurang efektif. 3) Solusi untuk menghadapi kendala dalam penggunaan ICT yaitu dengan mencari jaringan yang bagus dan stabil serta dengan menggunakan media ICT lain untuk mengantisipasi jika terdapat masalah. Kata Kunci : Pembelajaran Keterampilan Mendengar, ICT | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Malang | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Keterampilan Mendengar | en_US |
dc.subject | ICT | en_US |
dc.title | Penggunaan Model Pembelajaran Keterampilan Mendengar Berbasis ICT pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Malang | en_US |
dc.type | Other | en_US |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
UT - Arabic Language Education
Koleksi Skripsi Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab