dc.description.abstract | Penelitian Ini Diawali Dengan Observasi Dan Wawancara Yang Dilakukan Di Ma’had Tahfiz Sains Darul Muttaqin, Kedah, Malaysia. Berdasarkan Hasil Wawancara Dan Observasi, Peneliti Menemukan Bahwa Sebelum Guru Menerapkan Program Hafalan Al-Qur’an Kepada Siswa, Siswa Cenderung Merasa Bosan Dan Kesulitan Pemahaman Ketika Mempelajari Kosakata Dalam Pelajaran Bahasa Arab. Hal Ini Sangat Mempengaruhi Kemampuan Kosakata Bahasa Arab Siswa. Apabila Siswa Tidak Berminat Belajar Maka Kemampuan Siswa Tidak Akan Meningkat. Untuk Itu Perlu Adanya Sesuatu Yang Baru Dalam Proses Pengajarannya, Agar Siswa Dapat Lebih Mudah Memahami Materi Yang Disampaikan Dan Merasa Senang Dalam Mempelajari Bahasa Arab Khususnya Dalam Mempelajari Kosakata Bahasa Arab. Guru Menjadikan Program Hafalan Al-Qur’an Sebagai Solusi Yang Harus Diterapkan Kepada Siswa. Setelah Menerapkan Program Hafalan Al-Qur’an Dalam Pembelajaran, Beliau Mampu Meningkatkan Kosakata Bahasa Arab Siswa. Dengan Adanya Metode Baru Yang Diterapkan Guru, Siswa Merasa Tertarik Dan Antusias Dalam Belajar, Meskipun Tidak Dapat Dipungkiri Terdapat Kendala Yang Dihadapi Guru Dan Siswa Dalam Menerapkan Metode Tersebut.
Tujuan Dari Penelitian Ini Adalah: 1) Untuk Mengetahui Peningkatan perbendaharaan kosakata Bahasa arab melalui program Tahfidz Al-Qur’an dan Pemahaman Makna di Ma’had Tahfidz Sains Darul Muttaqin Kedah Malaysia.. 2) Untuk Mengetahui Faktor-Faktor Yang Membantu Dan Menghambat Peningkatan perbendaharaan kosakata Bahasa arab melalui program Tahfidz Al-Qur’an dan Pemahaman Makna di Ma’had Tahfidz Sains Darul Muttaqin Kedah Malaysia.
Metode Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Adalah Penelitian Kualitatif, Dan Jenis Penelitian Yang Digunakan Adalah Penelitian Deskriptif. Diselenggarakan di Ma’had Tahfidz Sains Darul Muttaqin Kedah, Malaysia, Dan Metode Pengumpulan Data Yang Dilakukan Menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Metode Analisis Data Menggunakan Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data, Dan Penarikan Kesimpulan.
Hasil Penelitian Adalah: 1) Peningkatan perbendaharaan kosakata Bahasa arab melalui program Tahfidz Al-Qur’an dan Pemahaman Makna di Ma’had Tahfidz Sains Darul Muttaqin Kedah Malaysia., Yaitu: A) Persiapan, B) Penyampaian Materi, Dan C ) Evaluasi. Penerapan Program Tahfidz Al-Qur’an Berdasarkan Pengamatan Peneliti Sesuai Dengan Teori Yang Ada. Hal Ini Terlihat Melalui Prosedur Pelaksanaan Pembelajaran Mulai Dari Perencanaan, Pelaksanaan Dan Evaluasi. Dalam Proses Pembelajaran Yang Sangat Perlu Diperhatikan Adalah Kegiatan Mendengarkan, Menghafal, Bertanya, Berkomunikasi, Mengamati, Mengeksplorasi, Menghubungkan, Dan Mengevaluasi. 2) Faktor Pendukung Dan Penghambat Peningkatan perbendaharaan kosakata Bahasa arab melalui program Tahfidz Al-Qur’an dan Pemahaman Makna di Ma’had Tahfidz Sains Darul Muttaqin Kedah Malaysia.. Faktor Yang Membantu Program Hafalan Al-Qur’an Adalah Niat Ikhlas, Lingkungan Yang Mendukung, Manajemen Waktu, Adanya Pembimbing, Tujuan, Fasilitas Penunjang, dan Referensi. Sedangkan Faktor Penghambatnya Adalah: Niat Yang Tidak Lurus, Hati Yang Tidak Ikhlas, Serta Lingkungan Yang Tidak Mendukung, Kurangnya Motivasi Menghafal Al-Qur'an, Alokasi Waktu Yang Tidak Efektif, dan Kurangnya Referensi Dan Pengawas.
Kata Kunci : Kosakata Bahasa Arab, Program Tahfidz Al-Qur’an | en_US |