dc.description.abstract | Penelitian dalam skripsi ini mengacu pada dua pokok permasalahan antara lain; 1. mengetahui bagaimana proses pembelajaran di MI Bahrul Ulum Kota Batu, 2. problematika pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas MI Bahrul Ulum Kota Batu, 3. mengetahui solusi dan upaya-upaya dalam mengatasi problematika pembelajaran bahasa Arab MI Bahrul Ulum Kota Batu.
Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah jenis pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi (pengamatan), wawancara (interview) dan dokumentasi dalam penelitian ini mewawancarai murid-murid dan guru. Teknik analisis data. Analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan metode analisis kualitatif dilakukan sejak sebelum memasuki lapangan, selama dilapangan dan setelah selesai di lapangan.
Hasil penelitian ini ialah; Problematika Pembelajaran Bahasa Arab pada Siswa diantaranya (1) Peserta didik kurang memiliki kemauan untuk belajar bahasa Arab (2) Latar belakang lingkungan yang kurang mendukung kemajuan prestasi belajar (3) Keterbatasan Waktu Belajar, (4) Metode Pembelajaran, (5) Keterbatasan fasilitas pembelajaran. Upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika pembelajaran bahasa arab pada siswa diantaranya Bagi Guru: (1)Investasi Sumber Daya: Pengadaan bahan ajar interaktif dan pelatihan guru, (2)Evaluasi Metode Pengajaran: Pembelajaran berbasis proyek dan penggunaan media, (3)Sosialisasi Pendidikan: Edukasi orang tua tentang manfaat bahasa Arab, (4)Pengelolaan Waktu: Memanfaatkan waktu di luar kelas, (5)Pendekatan Individual: Metode pengajaran sesuai kebutuhan siswa.Bagi Siswa: (1)Metode Pembelajaran Berbeda: Metode interaktif dan kontekstual, (2)Motivasi: Penjelasan manfaat dan kegiatan ekstrakurikuler, (3)Pengembangan Kosakata: Penggunaan aplikasi dan teknologi, (4)Sumber Daya Digital: Platform pembelajaran online, (5)Dukungan Individual: Sesi tambahan untuk bantuan khusus, (6)Kolaborasi dengan Orang Tua: Keterlibatan orang tua di rumah, (7)Penyediaan Waktu yang Memadai: (8)Penjadwalan fleksibel dan program ekstrakurikuler.
Kata Kunci: : Problem pembelajaran, bahasa arab, madarasah ibtidaiyah | en_US |