dc.description.abstract | Madrasah Ibtidaiyyah Thariqul Huda adalah suatu Lembaga Pendidikan Nahdlotul ‘Ulama (NU) Swasta, yang Berdiri sejak Tahun 1950 an. Dahulu Madrasah ini sering mengalami Pasang surut, yang dimana sering bertambah dan berkurangnya siswa dari tahun ke tahun. Namun sekarang Madrasah ini menjadi Madrasah Favorit warga sekitar Giripurno Kota Batu. Karena Madrasah ini mempunya pelajaran Agama yang mencangkup Fikih, Aqidah Akhlaq, Sejarah Kebudayaan Islam, Dan Bahasa Arab. Sehubung dengan Pembelajaran Bahasa Arab, Guru ingin membuat daya tarik lebih dalam proses Belajar Mengajar, dengan demikian, dibutuhkannya Strategi baru dalam menyampaikan materi mengajar agar tercapai semua tujuan pembelajaran.
Tujuan Penelitian ini : 1) Untuk mengetahui proses penerapan Strategi “Qola Zaid” dalam Pembelajaran Mufradat siswa kelas Lima Madrasah Ibtidaiyyah Thariqul Huda Giripurno, Batu. 2) Untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan strategi “Qola Zaid” dalam pembelajaran Mufradat siswa kelas Lima di Madrasah Ibtidaiyyah Thariqul Huda Giripurno, Batu.
Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini merupakan pendekatan Kualitatif dengan jenis Penelitian yang Penulis gunakan merupakan Penelitian Lapangan atau disebut dengan Field Research. Untuk memperoleh data Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Deskriptif Kualitatif, yang dikumpulkan dengan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi.
Hasil Penelitian adalah : 1) Penerapan Strategi “Qola Zaid” dalam Pembelajaran Mufradat kelas Lima Madrasah Ibtidaiyyah Thariqul Huda Giripurno, Batu yakni a) Persiapan b) Penyampaian materi, c) Evaluasi. 2) Kelebihan dan Kekurangan strategi “Qola Zaid” dalam pembelajaran Mufradat kelas Lima Madrasah Ibtidaiyyah Thariqul Huda Giripurno, Batu. Kelebihan dalam strategi “Qola Zaid” yakni a) Strategi Pembelajaran yang mudah bagi Siswa b) Menambah Kesemangatan Siswa c) Semua Siswa Aktif dalam proses Pembelajaran d) Menambah semangat belajar. Sedangkan Kekurangan dalam strategi “Qola Zaid” adalah a) Nilai tetap yang paling banyak adalah nilai (C). b) Memakan waktu pembelajaran yang lama. c) Sebagian siswa bercanda saat pembelajaran berlangsung d) Kurangnya kemampuan menulis Arab.
Kata Kunci : Penerapan Strategi “Qola Zaid”, Pembelajaran Mufradat. | en_US |