Show simple item record

dc.contributor.authorMuzayanah, Binti
dc.date.accessioned2025-02-18T04:39:35Z
dc.date.available2025-02-18T04:39:35Z
dc.date.issued2024-07-18
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10682
dc.description.abstractKemampuan percaya diri sangat penting bagi anak agar mampu mengikuti proses perkembangan dan kemajuan pembelajaran pada percaya diri anak maka perlu adanya strategi pembelajaran melalui metode-metode pembelajaran untuk menstimulasi perkembangan anak. Karenaterlihat adanya anak yang masih kurang percaya diri maka dalam hal ini peneliti akan melakukan proses kegiatan pembelajaran bagaimana mengupayakan dalam meningkatkan percaya diri anak usia dini 5-6 tahun di RA Jabar Rohmah dengan pemilihan melalui Metode Bernyanyi. Tujuan dari pada penelitian ini Untuk mengetahui proses dalam penggunaan metode bernyanyi sebagai upaya meningkatkan kemampuan percaya diri utamanya pada kelompok B Di RA Jabar Rohmah Purwoasri Singosari. Selain itu juga untuk mengetahui dampak pada penggunaan metode bernyanyi dalam upaya meningkatkan percaya diri melalui beryanyi pada anak kelompok B di RA Jabar Rohmah Purwoasri Singosari. Penilitian ini mengguanakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Pada subjek dalam penelitian ini oleh 6 anak kelompok B RA Jabar Rohmah purwoasri Singosari pada usia 5-6 tahun, yakni terdiri 2 anak perempuan,dan laki-laki ada 4 anak. Pada teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Pada teknik analisis data dilakukan bentuk deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Diketahui juga kriteria keberhasilan penelitian kemampuan percaya diri anak meningkat dan rata-rata dikatakan sangat mampu. Pada hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan kemampuan percaya diri mencapai kriteria keberhasilan,dimana perkembangan kemampuan percaya diri anak mencapai 11,9%. Namun setelah dilakukan praktek penelitian tindakan kelas mulai praktek penggunaan metode bernyanyi pada siklus 1 tingkat keberhasilan yang dicapai adalah 2 anak mulai mampu dengan kategori mulai berkembang, dan 4 anak mampu dengan kategori sesuai harapan. peningkatan kemampuan percaya diri pra siklus ke siklus 1 mencapai 6 atau 20.7%. dengan demikian dilakukan penelitian lagi dan kemudian pada siklus ll mengalami peningkatan mencapai 3,7 atau 92%,dimana 3 anak dengan peningkatan percaya diri mampu dengan kategori baik, dan 3 anak dengan peningkatan percaya diri sangat mampu atau sangat baik. Sudah terlihat Peningkatan kemampuan percaya diri pada pengamatan siklus 1 dan ll mencapai 3,7 atau 92%, dimana hasil tersebut telah memenuhi standart kriteria penelitian dan kesesuaian indikator yang diharapkan oleh peneliti. KataKunci: Percaya Diri, Metode Bernyanyien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPercaya Dirien_US
dc.subjectMetode Bernyanyien_US
dc.titleUpaya Meningkatkan Percaya Diri Anak Usia Dini 5-6 Tahun Melalui Metode Bernyanyi di RA Jabar Rohmahen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record