dc.description.abstract | Dalam pendidikan bahasa Arab strategi merupakan alat yang penting, karena keberhasilan dalam pelaksanaan pendidikan tergantung pada materi dan penggunaan strategi yang tepat, maka guru harus memilih strategi yang beragam dan bahan pelajaran yang sesuai dengan tujuan pendidikan dan kondisi siswa.
Guru menerapkan pembelajaran aktif untuk melatih siswa dalam keterampilan berbahasa, dan lebih mengutamakan kegiatan diskusi antar siswa. Diskusi dan pertukaran informasi memungkinkan siswa untuk menanggapi ide dan pendapat serta mengetahui teman atau guru mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran aktif dalam mengajarkan keterampilan berbicara dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi dan menghambat di antara siswa kelas lima di Madrasah Ibtidaiyah Mambaul Ulum, Tegal Gondo Malang.
Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran aktif dalam pengajaran keterampilan berbicara pada siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Mambaul Ulum Tegal Gondo Malang. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut: Efektivitas penerapan strategi pembelajaran aktif dalam pengajaran keterampilan berbicara di kelas lima di sekolah dasar islam Mambaul Ulum sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Ada banyak faktor yang mempengaruhi penerapan strategi pembelajaran aktif dalam pengajaran keterampilan berbicara, seperti kekuatan antusiasme guru, peran aktivitas siswa, ketersediaan sumber belajar yang memadai, dan antusiasme siswa untuk berpartisipasi. Namun, ada juga beberapa faktor yang menghambat, seperti kurangnya waktu dalam mengelola kegiatan pembelajaran aktif, perbedaan kemampuan bahasa arab di antara siswa, dan kurangnya fasilitas yang mendukung proses pembelajaran aktif.
Kata kunci: Pembelajaran Aktif, Pembelajaran Maharah Kalam | en_US |