dc.description.abstract | RA Syihabuddin Dau Malang merupakan lembaga pendidikan yang menerapkan metode Montessori. Dari metode Montessori ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan di RA Syihabuddin salah satunya adalah kegiatan practical life untuk menumbuhkan kemandirian anak khususnya usia 4-5 tahun.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang bagaimana perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi dari implementasi kegiatan practical life dalam menumbuhkan kemandirian anak pada usia 4-5 tahun di RA Syihabuddin Dau Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Informasi mengenai subjek penelitian didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi kepada kepala RA Syihabuddin dan guru kelas kelompok A.
Berdasarkan hasil penelitian tentang implementasi strategi practical life dalam menumbuhkan kemandirian anak usia 4-5 tahun di RA Syihabuddin Dau Malang dapat disimpulkan: Perencanaan kegiatan practical life sudah disusun secara urut untuk diterapkan kepada anak melalui silabus mingguan yang dikembangkan kedalam modul ajar mingguan RA Syihabuddin. Pelaksanaan kegiatan practical life di RA Syihabuddin mengembangkan empat aspek perkembangan anak yaitu: 1) tahapan tuntas (sesuai dengan usia anak), 2) tahapan sensorial, 3) tahapan bahasa, dan 4) tahapan tematik(pembelajaran menggunakan sesuai tema). Empat aspek perkembangan ini sudah masuk kedalam kegiatan yang dibuat. Evaluasi Pada implementasi strategi kegiatan practical life dilaksanakan setiap satu bulan sekali melalui silabus jika kegiatan bulan lalu dirasa sulit oleh anak maka kegiatan tersebut akan diperkecil jika anak mampu dalam kegiatan silabus bulan lalu maka kegiatan practical life ditingkatkan sesuai kemampuan anak agar lebih kreatif. pada penilian di RA Syihabuddin terdapat beberapa macam teknik penilaian anak yang digunakan yaitu dengan ceklist, anekdot, dan hasil karya anak.
Kata Kunci : Strategi Partical Life, Kemandirian, Usia 4-5 tahun | en_US |