Show simple item record

dc.contributor.authorFarida, Anis Zulfiatul
dc.date.accessioned2025-03-11T02:52:26Z
dc.date.available2025-03-11T02:52:26Z
dc.date.issued2024-11-25
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/11070
dc.description.abstractAnak usia 5-6 tahun berada pada tahap perkembangan penting karena usia 5-6 tahun adalah waktu yang tepat untuk mulai menanamkan dan membentuk nilai-nilai karakter religious, jujur dan mandiri. Metode berkisah Islami dapat menjadi sebagai alat efektif untuk menanamkan nilai religius, kejujuran dan kemandirian pada anak usia 5-6 tahun. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan peningkatan karakter religius, jujur dan mandiri anak melalui metode berkisah Islami pada anak kelompok B di TA Baiturrohman Malang. Upaya meningkatkan karakter religius, dengan mengenalkan kisah Nabi, sahabat dan keluarganya, memilih kisah yang sesuai dengan usia, kisah interaktif, berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, menjadikan sikap religius, meningkatkan nilai kejujuran dengan memilih judul kisah yang menekankan konsekuensi kejujuran dan kebohongan, dan meningkatkan kemandirian. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) berdasarkan model Kemmis dan Mc. Tanggart. Metode kualitatif dan kuantitatif digunakan dalam analisis data. Sumber data yang diambil dari penelitian ini adalah Guru TA kelompok B dan Murid kelompok B. Penelitian ini mengambil data anak kelompok B sebanyak 15 murid yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Peneliti melakukan pengamatan di TA Baiturrohman yang berada di Kelurahan Arjosari Kecamatan Blimbing Kota Malang Jawa Timur. Pada siklus I meningkat sebanyak 55,53% dari pra siklus hanya 15,56% dengan melalui metode berkisah Islami dengan judul sederhana dan menggunakan media buku cerita bergambar 50 Kisah Islami, Siklus II meningkat sebanyak 86,67% dari 55,53% pada siklus I, karena siklus II ini berkisah Islami dengan judul sederhana yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari menggunakan media panggung boneka tangan. Penelitian ini mengalami perubahan pada proses pembelajaran yang sangat baik dan mencapai ketuntasan. Potensi dalam diri anak berkaitan dengan setiap aspek perkembangan karakter religius, jujur dan mandiri melalui berbagai rangsangan dan pembiasaan baik yang diberikan kepada anak selalu mengalami perubahan dalam perkembangannya. Kata Kunci : Karakter Anak Usia 5-6 Tahun, Berkisah Islami.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectKarakter Anak Usia 5-6 Tahunen_US
dc.subjectBerkisah Islamien_US
dc.titleUpaya Meningkatkan Karakter Anak melalui Metode Berkisah Islami pada anak Usia 5-6 Tahun di TA Baiturrohman Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record