dc.description.abstract | Jalan merupakan sarana transportasi darat yang membentuk jaringan transportasi untuk menghubungkan daerah satu ke daerah yang lain, sehingga roda perekonomian dan pembangunan dapat berputar dengan baik Peneliti melakukan observasi lapangan pada ruas Jalan Cakranegara – Mantang. . Ruas Cakranegara - Mantang termasuk dalam kelas jalan Nasional yang memiliki volume lalu lintas cukup padat dan lintas arus barang dan jasa yang sangat penting, sehingga jalan tersebut dominan dilewati oleh kendaraan angkutan barang yang bermuatan normal maupun berlebih yang melanggar batas ketentuan untuk jumlah berat yang diizinkan. Jalan ini dibeberapa titiknya sudah mengalami kerusakan yang cukup membuat pengguna jalan tidak nyaman saat berkendara, salah satu penyebabnya adalah masih tingginya angka pelanggaran muatan lebih oleh kendaraan angkut barang pada ruas Jalan Cakranegara – Mantang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kerusakan jalan menggunakan metode IRI Dan SDI sehingga dapat melakukan perhitungan agar bisa mengetahui Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk melakukan perbaikan jalan tersebut.
Pada penelitian ini menggunakan metode International Roughness Index (IRI) Dan Surface Distress Index (SDI). Data pada penelitian ini didapat dari Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (PUPR) Nusa Tenggara Barat (NTB) sedangkan Data Primer diperoleh dari pengamatan langsung dan pengukuran di Lapangan. Survei dilakukan selama 7 Hari untuk mendapatkan data kerusakan serta dokmentasi pada Ruas Jalan Cakranegara – Mantang.
Hasil dari penelitian ini diperoleh Nilai Surface Distress Index (SDI) 108,55 dengan presentase kerusakan jalan pada kondisi Baik = 8.13%, Sedang = 60.46%, Rusak Ringan
= 25.58%, dan Rusak Berat = 5.81%. sedangkan Nilai International Roughness Index (IRI) 11.33 m/km yaitu kategori Rusak Ringan dengan presentase kerusakan jalan pada kategori Baik = 0%, Sedang = 6.97%, Ruak Ringan = 49.88%, dan Rusak Berat =
51.16%. Maka dari nilai SDI dan IRI penangana yang diambil untuk ruas jalan Cakranegara-Mantang sepanjang 8600 . (8,6 km) adalah pemeliharaan Berkala dan Total Biaya yang diperlukan dalam usaha perbaikan pada Ruas Jalan Cakranegara-Mantang STA 00+000 sampai dengan 10+000 sebesar Rp. 827.350.206,00.
Kata Kunci : Kerusakan Jalan, Metode IRI Dan SDI | en_US |