Show simple item record

dc.contributor.authorHilyatus, Sofiyah Elyati Putri
dc.date.accessioned2025-03-15T03:12:52Z
dc.date.available2025-03-15T03:12:52Z
dc.date.issued2024-01-10
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/11281
dc.description.abstractHilyatus Sofiyah Elyati Putri. Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang. 9 November 2023. Pengaruh Kecanduan Gadget Terhadap Stabilitas Emosi dan Masalah Interaksi Teman Sebaya pada Remaja di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Pembimbing 1 : Dr. dr. H. Marindra Firmansyah, MMed.Ed. pembimbing 2 : Dr. Amelia Daeng Matadjo, M.Psi. Pendahuluan : Pada saat ini penggunaan gadget semakin meningkat yang ditandai dengan adanya peningkatan jumlah pengguna gadget. Menurut APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) pada tahub 2020 mencapai 196,7 juta daro total 256,2 juta pendudukan Indonesia. Sedangkata di Provinsi Jawa Timur mencapai 26 juta jiwa. Data kementrian komunikasi dan informatika menyatakan bahwa 10 persen pengguna internet di Indonesia adalah anak dibawah usia 15 tahun. Kecanduan gadget memiliki dampak negative terhadap kesehatan psikologi dan sosial. Dampak negatif yang ditimbulkan dari kecanduan gadget adalah stabilitas emosi dan masalah interaksi teman sebaya. Dengan adanya uraian diatas maka perlu dilakukan penelitian tersebut. Metode Penelitian : Peineilitian observasional analitik cross seictional dilakukan pada siswa Seikolah Meineingah Peirtama (SMP) di Keicamatan Lowokwaru (n=160). Deirajat kecanduan gadgeit diukur deingan kueisioneir Smartphonei Addiction Scalei-Short Veirsion (SAS-SV) yang meimbagi meinjadi dua keilompok yakni keilompok kecanduan tinggi (n=102) dan kecanduan reindah (n=58). Tingkat stabilitas emosi diukur dengan teis kraeipeilin. Masalah interaksi teman sebaya diukur dengan kuesioner Strengths Difficulties Questionnaire (SDQ). Hasil dianalisis deingan meitodei Partial Leiast Squarei pada softwarei SmartPLS veirsi 4 deingan nilai p-value <0,05 dan T-Statistic > 1,97. Hasil : Kelompok remaja kecanduan gadget tingkat tinggi yang memiliki stabilitas emosi baik sekali (n=9, 6%) dan kategori baik (n=16, 10%) dengan p=0.000. Kelompok remaja kecanduan gadget tingkat tinggi yang tidak memiliki masalah interaksi teman sebaya kategori normal (n=14, 9%) , yang memiliki masalah interaksi teman sebaya kategori borderline (n=39, 24%) dan abnormal (n=81, 51%) dengan p=0.000. Hasil uji smartPLS menunjukkan T-Statistic 11.410 untuk stabilitas emosi dan 22.236 untuk masalah interaksi teman sebaya. Hal ini menunjukkan bahwa kecanduan gadget meimeingaruhi stabilitas emosi dan masalah interaksi teman sebaya yang diduga terjadi karena preokupasi remaja pada gadget dapat menurunkan interaksi sosial. Simpulan : Kecanduan gadget memengaruhi stabilitas emosi dan masalah interaksi teman sebaya pada remaja di kecamatan lowokwaru kota malang. Kata kunci : Kecanduan gadget, stabilitas emosi, dan masalah interaksi teman sebaya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectKecanduan gadgeten_US
dc.subjectstabilitas emosien_US
dc.subjectmasalah interaksi teman sebayaen_US
dc.titlePengaruh Kecanduan Gadget Terhadap Stabilitas Emosi dan Masalah Interaksi Teman Sebaya pada Remaja di Kecamatan Lowokwaru Kota Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record