Show simple item record

dc.contributor.authorHardiana, Ika Putri
dc.date.accessioned2020-12-22T03:13:09Z
dc.date.available2020-12-22T03:13:09Z
dc.date.issued2020-07-16
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1131
dc.description.abstractPendidikan agama harus diberikan sejak kecil atau ketika masa kanak-kanak, karena masa kanak-kanak sebagai salah satu tahap yang dilalui manusia sebelum menjadi dewasa memiliki potensi yang sangat penting dalam pembentukan pola kepribadian seseorang. Selain itu pendidikan yang diberikan pada masa kanak-kanak memiliki pengaruh yang sangat besar sebab pendidikan tersebut cenderung akan terbawa terus dalam proses kehidupan anak selanjutnya. Karena itu pemberian pendidikan agama harus dimulai sejak masa itu. Permasalahan yang menjadi fokus dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana strategi guru dalam perkembangan keagamaan siswa di Raudhatul Athfal Nurul Huda Desa LangLang Kecamatan Singosari Kabupaten Malang ?, (2) Apa faktor-faktor penghambat dan pendukung dalam perkembangan keagamaan siswa di Raudhatul Athfal Nurul Huda Desa Lang-Lang Kecamatan Singosari Kabupaten Malang ?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendekskripsikan perkembangan keagamaan siswa di Raudhatul Athfal Nurul Huda Desa Lang-Lang Kecamatan Singosari Kabupaten Malang, (2) Untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam perkembangan keagamaan Raudhatul Athfal Nurul Huda Desa Lang-Lang Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif, dimana data-data yang dihasilkan berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau prilaku yang dapat diamati. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti mengamati langsung di Raudhatul Athfal Nurul Huda Desa Lang-Lang Kecamatan Singosari Kabupaten Malang teknik wawancara dilakukan dengan wawancara tidak terstruktur serta teknik dokumentasi serta pengambilan dokumentasi berupa foto ,catatan dan dokumendokumen yang ada di Raudhatul Athfal Nurul Huda Lang-Lang yang terkait dengan penelitian. Dari penelitian dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) Dalam menigkatkan perkembangan keagamaan siswa di Raudhatul Athfal Nurul Huda Desa Lang-Lang Kecamatan Singosari Kabupaten Malang ini banyak sekali upaya-upaya yang dilakukan antara lain: memberikan jadwal pemberian materi agama dan selalu menyisipkan pesan-pesan keagamaan dalam setiap kali kegiatan belajar mengajar berlangsung, Memberikan jadwal materi yang bervariasi, Selalu membiasakan anak untuk membaca doa ketika akan melakukan kegiatan, belajar doa-doa sehari-hari dan belajar surat-surat pendek, mengadakan peringatan PHBN dan PHBI. Dari upaya-upaya yang dilakukan Raudhatul Athfal Nurul Huda Desa Lang-Lang Kecamatan Singosari Kabupaten Malang ini anak didik telah banyak mengalami kemajuan dalam perkembangan keagamaannya antara lain: anak mulai mengenal dan hafal surat-surat pendek dan doa-doa kegiatan sehari-hari, bisa mengaplikasikan hasil belajarnya di Raudhatul Athfal Nurul Huda Desa Lang-Lang ketika di rumah, dan memperoleh banyak pengetahuan tentang agama, (2) faktor-faktor pendukung dan penghambat di Raudhatul Athfal Nurul Huda Desa Lang-Lang Kecamatan Singosari Kabupaten Malang dalam mengembangkan keberagamaan anak antara lain ada dari pihak pendidik, keluarga, teman sebaya, dan juga dari masyarakat.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Anak Usia Dinien_US
dc.subjectStrategi Guruen_US
dc.subjectMeningkatkan Perkembangan Keagamaanen_US
dc.titleStrategi Guru dalam Meningkatkan Perkembangan Keagamaan Siswa di Raudhatul Athfal Nurul Huda Desa Lang-Lang Kecamatan Singosari Kabupaten Malangen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record