Show simple item record

dc.contributor.authorNisak, Khoirun
dc.date.accessioned2025-03-22T03:01:43Z
dc.date.available2025-03-22T03:01:43Z
dc.date.issued2024-07-29
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/11498
dc.description.abstractEra Globalisasi membawa dampak dan hambatan terhadap pembelajaran kitab kuning. Hal ini terjadi juga dalam pembelajaran kitb kuning di PPSS Nurul Huda Mergosono Malang. PPSS Nurul Huda Mergosono Malang terkenal dengan pembelajaran kitab kuning, oleh karenanya lokus ini dipilih untuk dijadikan tempat penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi pembelajaran kitab kuning era globalisasi di Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah (PPSS) Nurul Huda, Kota Malang. Fokus utama penelitian ini adalah dampak globalisasi terhadap pembelajaran kitab kuning, hambatan, Strategi yang digunakan dalam mengembangkan pembelajaran kitab kuning di PPSS Nurul Huda Mergosono. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode penelitian kualitafif deskriptif dengan pendekatan studi kasus (case study) dengan menggunakan desain penelitian grounded. Data diperoleh melalui pengamatan, yang mana peneliti berfungsi sebagai instrumen untuk melakukan observasi partisipan dan non partisipan, wawancara mendalam dengan sumber data utama dan dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis interaktif melalui 3 kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh dengan perpanjangan keikutsertaan peneliti di lapangan, kemudian diperkuat dengan analisis data yang diperkenalkan oleh Miles dan Huberman dengan 3 kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian dapat diketahui bahwa Dampak globalisasi terhadap pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah (PPSS) Nurul Huda ada dua, yaitu: dampak positif dan negatif, adapun dampak positif diantaranya : kemudahan akses sumber keilmuan, Munculnya media pembelajaran baru, dan Meningkatnya jaringan dan komunikasi. Adapun dampak negatif diantaranya : gangguan fokus santri, Westernisasi budaya, dan Keterbatasan akses dan kemampuan. Hambatan yang dihadapi dalam pembelajaran kitab kuning di di Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah (PPSS) Nurul Huda, diantara hambatan ini peneliti menyimpulkan ada 5, yaitu distraksi fokus dan minat santri, metode pembelajaran yang masih tradisional, keterbatasan kualitas adaptasi, minimnya sarana dan prasarana, dan tantangan dari budaya luar. Adapun strategi pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah (PPSS) Nurul Huda ada 6, yaitu : pengembangan kurikulum, meningkatkan kualitas ustadz, pemanfaatan teknologi, penyelenggaraan kegiatan pembelajaran tambahan, pembinaan minat dan bakat santri, dan pengembangan kerjasama. Kata kunci: Strategi pembelajaran, Kitab Kuning, Era Globalisasien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectStrategi pembelajaranen_US
dc.subjectKitab Kuningen_US
dc.subjectEra Globalisasien_US
dc.titleStrategi Pembelajaran Kitab Kuning Era Globalisasi di Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah Nurul Huda Mergosono Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record