Show simple item record

dc.contributor.authorSalim, Agus
dc.date.accessioned2025-04-11T02:44:27Z
dc.date.available2025-04-11T02:44:27Z
dc.date.issued2024-06-21
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/11787
dc.description.abstractInternet telah berkembang menjadi suatu gaya hidup bagi masyarakat. Penggunanya pun tidak terbatas hanya untuk mendapat dan mengakses informasi saja, namun untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan. Perubahan gaya hidup masyarakat yang semula terbiasa berbelanja secara offline menimbulkan peningkatan pasar e-commerce secara signifikan. Berbagai macam marketplace seperti Shopee pun mulai menawarkan berbagai macam kemudahan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan berbelanja online. Perubahan serta perkembangan teknologi telah membuat perubahan prilak pelanggan dari pembelian melalui offline shop menjadi melalui online shop atau melalui e-commerce maupun marketplace, hal ini juga mempengaruhi keputusan pembelian dalam membeli suatu produk atau jasa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode exsplanatory dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah pengguna Shopee di Kota Malang yang pernah melakukan transaksi pembelian minimal satu kali. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara penyebaran kuisioner. Sampel peneliitian ini diambil dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling dengan rumus Malhotra yang berjumlah 70 responden pada pengguna Shopee di Kota Malang. Variabel dalam penelitian ini adalah Live Streaming (X1), Online Customer Review (X2), Keputusan Pembelian (Y) dan Trust (Z). Metode analisi data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas dan uji PLS atau Parsial Least Square dengan bantuan software smart PLS versi 3.0. Hasil penelitian ini menunjukan Live Sreaming berpengaruh secara signifikan terhadap Trust, Online Customer Review berpengaruh secara signifikan terhadap Trust, Live Streaming berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Online Customer Review berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Trust berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Dalam pengruh tidak langsung juga ditemukan hasil bahwa Live Streaming terhadap Keputusan Pembelian tidak memediasi Trust dinyatakan di tolak dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian memediasi Trust dinayatakan diterima. Kata Kunci : Live Streaming, Online Customer Review, Keputusan Pembelian dan Trusten_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectLive Streamingen_US
dc.subjectOnline Customer Reviewen_US
dc.subjectKeputusan Pembelian dan Trusten_US
dc.titlePengaruh Live Streaming dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian melalui Trust sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengguna Shopee di Kota Malang)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record