Show simple item record

dc.contributor.authorAzizah, Nur Lailatul
dc.date.accessioned2025-04-15T06:24:51Z
dc.date.available2025-04-15T06:24:51Z
dc.date.issued2024-06-29
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/11880
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematis peserta didik dengan yang diberi dan tidak diberi perlakukan Teaching at The Right Level (TaRL) approach pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai kelas VII SMP Ahmad Syarifuddin, (2) mengetahui perbedaan self-confidence pada peserta didik dengan yang diberi dan tidak diberi perlakukan Teaching at The Right Level (TaRL) approach pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai kelas VII SMP Ahmad Syarifuddin. (3) mengetahui efektivitas Teaching at The Right Level (TaRL) approach terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai kelas VII SMP Ahmad Syarifuddin. (4) Untuk mengetahui efektivitas Teaching at The Right Level (TaRL) approach terhadap self-confidence peserta didik pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai kelas VII SMP Ahmad Syarifuddin. Penelitian ini dilakukan di SMP Ahmad Syarifuddin. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian quasi experimental design. Jenis rancangan yang digunakan adalah pretest-posttest nonequivalent kontrol. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh Peserta didik kelas VII SMP Ahmad Syarifuddin. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 kelas berjumlah masing-masing 18 peseta didik dari kelas VII A sebagai kelas kontrol dan 26 peserta didik VII B sebagai kelas eksperimen. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 mulai bulan Februari sampai Maret 2024. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan penalaran matematis dan penyebaran angket self-confidence. Pengujian perbedaan kemampuan penalaran matematis dan self-confidence menggunakan uji statistik menggunakan software SPSS 25 dengan uji independent sample t-test. Sedangkan untuk pengujian efektivitas kemampuan penalaran matematis dan self-confidence menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan signifikan pada kemampuan penalaran matematis menggunakan Teaching at the Right Level Approach terhadap kelas eksperimen dengan kelas kontrol yang menggunakan pendekatan konvensional, 2) terdapat perbedaan signifikan hasil angket self-confidence menggunakan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol yang menggunakan pendekatan konvensional, 3) teaching at the right level approach efektif terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik pada kelas VII B, 4) teaching at the right level approach efektif terhadap self-confidence peserta didik pada kelas VII B. Kata Kunci: Teaching at the right level approach, Kemampuan penalaran matematis, Self-Confidenceen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectTeaching at the right level approachen_US
dc.subjectKemampuan penalaran matematisen_US
dc.subjectSelf-Confidenceen_US
dc.titleEfektivitas Teaching At The Right Level Approach untuk Mengukur Kemampuan Penalaran dan Self-Confidence Peserta Didik Kelas VII Materi Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilaien_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record