Penanaman Budi Pekerti pada Anak Usia Dini di RA Syihabuddin Klandungan Dau Malang

Show simple item record

dc.contributor.author Mukarromah, Lailatul
dc.date.accessioned 2021-01-02T02:47:06Z
dc.date.available 2021-01-02T02:47:06Z
dc.date.issued 2020-07-23
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1249
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan dengan dilatar belakangi bahwa dalam duni pendidikan saat ini peneliti melihat masih dalam tahap rendah. Hal ini dilihat dari masalah yang menyangkut dengan etika, sopan santun atau perilaku yang menunjukkan rendahnya budi pekerti anak. Berangkat dari masalah tersebut perlu adanya peran guru dalam penanaman budi pekerti pada anak. Berperan besar dalam mewujudkan perilaku yang baik dalam dunia pendidikan, bagaimana seharusnya bertindak dan bersikap agar tidak terjerumus pada perbuatan-perbuatan negatif. Dari penjelasan di atas, peneliti tertarik meneliti peran guru dalam penanaman budi pekerti pada anak usia dini di RA Syihabuddin Klandungan Dau Malang. Karena di RA Syihabuddin terlihat keberhasilannya dalam penanaman budi pekerti pada anak didiknya. Tujuan peneliti ini untuk mengetahui penanaman budi pekerti anak usia dini di RA Syihabuddin Klandungan Dau Malang. Dan untuk mengetahui peran guru dalam penanaman budi pekerti pada anak usia dini di RA Syihabuddin. Serta mengetahui pendukung dan penghambat dalam penanaman budi pekerti pada anak usia dini di A Syihabuddin Klandungan Dau Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, maka dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu melalui pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam penanaman budi pekerti pada anak usia dini di RA Syihabuddin Klandungan Dau Malang dilakukan dengan berbagai materi yaitu: Bersalaman dengan mencium tangan guru, bersikap sopan terhadap guru, bebicara sopan kepada guru, patuh terhadap guru, membina kerukunan, kedisiplinan, murah hati, keberanian, sabar saat antri, belajar menghargai dan menghormati sesama, adab makan dan minum. Penanaman budi pekerti melalui metode keteladan, metode pembiasaan, metode demokrasi, metode cerita. Sedangkan faktor pendukung dalam penanaman budi pekerti pada anak yaitu: adanya peran aktif dari guru. Faktor penghambat orang tua yang tidak konsisten, lingkungan. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Peran Guru en_US
dc.subject Budi Pekerti en_US
dc.subject Teacher's Role en_US
dc.subject Character en_US
dc.title Penanaman Budi Pekerti pada Anak Usia Dini di RA Syihabuddin Klandungan Dau Malang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account