Show simple item record

dc.contributor.authorMukarromah, Lailatul
dc.date.accessioned2021-01-02T02:47:06Z
dc.date.available2021-01-02T02:47:06Z
dc.date.issued2020-07-23
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1249
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan dengan dilatar belakangi bahwa dalam duni pendidikan saat ini peneliti melihat masih dalam tahap rendah. Hal ini dilihat dari masalah yang menyangkut dengan etika, sopan santun atau perilaku yang menunjukkan rendahnya budi pekerti anak. Berangkat dari masalah tersebut perlu adanya peran guru dalam penanaman budi pekerti pada anak. Berperan besar dalam mewujudkan perilaku yang baik dalam dunia pendidikan, bagaimana seharusnya bertindak dan bersikap agar tidak terjerumus pada perbuatan-perbuatan negatif. Dari penjelasan di atas, peneliti tertarik meneliti peran guru dalam penanaman budi pekerti pada anak usia dini di RA Syihabuddin Klandungan Dau Malang. Karena di RA Syihabuddin terlihat keberhasilannya dalam penanaman budi pekerti pada anak didiknya. Tujuan peneliti ini untuk mengetahui penanaman budi pekerti anak usia dini di RA Syihabuddin Klandungan Dau Malang. Dan untuk mengetahui peran guru dalam penanaman budi pekerti pada anak usia dini di RA Syihabuddin. Serta mengetahui pendukung dan penghambat dalam penanaman budi pekerti pada anak usia dini di A Syihabuddin Klandungan Dau Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, maka dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu melalui pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam penanaman budi pekerti pada anak usia dini di RA Syihabuddin Klandungan Dau Malang dilakukan dengan berbagai materi yaitu: Bersalaman dengan mencium tangan guru, bersikap sopan terhadap guru, bebicara sopan kepada guru, patuh terhadap guru, membina kerukunan, kedisiplinan, murah hati, keberanian, sabar saat antri, belajar menghargai dan menghormati sesama, adab makan dan minum. Penanaman budi pekerti melalui metode keteladan, metode pembiasaan, metode demokrasi, metode cerita. Sedangkan faktor pendukung dalam penanaman budi pekerti pada anak yaitu: adanya peran aktif dari guru. Faktor penghambat orang tua yang tidak konsisten, lingkungan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPeran Guruen_US
dc.subjectBudi Pekertien_US
dc.subjectTeacher's Roleen_US
dc.subjectCharacteren_US
dc.titlePenanaman Budi Pekerti pada Anak Usia Dini di RA Syihabuddin Klandungan Dau Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record