dc.description.abstract | Penelitian ini dilakukan dengan dilatar belakangi bahwa dalam duni
pendidikan saat ini peneliti melihat masih dalam tahap rendah. Hal ini dilihat
dari masalah yang menyangkut dengan etika, sopan santun atau perilaku yang
menunjukkan rendahnya budi pekerti anak. Berangkat dari masalah tersebut
perlu adanya peran guru dalam penanaman budi pekerti pada anak. Berperan
besar dalam mewujudkan perilaku yang baik dalam dunia pendidikan,
bagaimana seharusnya bertindak dan bersikap agar tidak terjerumus pada
perbuatan-perbuatan negatif. Dari penjelasan di atas, peneliti tertarik meneliti
peran guru dalam penanaman budi pekerti pada anak usia dini di RA
Syihabuddin Klandungan Dau Malang. Karena di RA Syihabuddin terlihat
keberhasilannya dalam penanaman budi pekerti pada anak didiknya.
Tujuan peneliti ini untuk mengetahui penanaman budi pekerti anak usia
dini di RA Syihabuddin Klandungan Dau Malang. Dan untuk mengetahui
peran guru dalam penanaman budi pekerti pada anak usia dini di RA
Syihabuddin. Serta mengetahui pendukung dan penghambat dalam penanaman
budi pekerti pada anak usia dini di A Syihabuddin Klandungan Dau Malang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, maka dalam pengumpulan data
peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun
teknik analisis data yaitu melalui pengumpulan data, reduksi data, sajian data,
dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam penanaman
budi pekerti pada anak usia dini di RA Syihabuddin Klandungan Dau Malang
dilakukan dengan berbagai materi yaitu: Bersalaman dengan mencium tangan
guru, bersikap sopan terhadap guru, bebicara sopan kepada guru, patuh
terhadap guru, membina kerukunan, kedisiplinan, murah hati, keberanian,
sabar saat antri, belajar menghargai dan menghormati sesama, adab makan dan
minum. Penanaman budi pekerti melalui metode keteladan, metode
pembiasaan, metode demokrasi, metode cerita. Sedangkan faktor pendukung
dalam penanaman budi pekerti pada anak yaitu: adanya peran aktif dari guru.
Faktor penghambat orang tua yang tidak konsisten, lingkungan. | en_US |