Show simple item record

dc.contributor.authorZulianti, Evi
dc.date.accessioned2021-01-02T02:48:35Z
dc.date.available2021-01-02T02:48:35Z
dc.date.issued2020-07-10
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1251
dc.description.abstractPendidikan anak usia dini pada dasrnya meliputi seluruh upaya yang dilakukan oleh pendidik dan orang tua dalam hal perawatan, pengasuhan, memberikan rasa aman, menciptakan lingkungan yang menyenangkan kepada anak. Dengan demikian anak akan memahami dan mengetahui pengalaman belajar yang diperolehnya dari lingkungan yang menyenangkan, melalui cara mengamati, meniru, ataupun mencoba hal-hal baru baginya. Sayangnya hal tersebut sekarang sudah berubah, dimana jaman yang serba modern ini dengan segala kemajuan teknologi tidak diimbangi dengan kemajuan akhlak orang dewasa, sehingga anak-anakpun belajar dan meniru apa yang dilakukan oleh orang dewasa yang sudah mengalami kemerosotan moral, hal ini mejadikan keprihatinan kita sebagai pendidik. Berdasarkan observasi awal, bahwasanya guru sebagai pendidik diharapkan mampu memahami gejala ini dengan mengambil langkah konkret sebagai solusi dari kondisi yang ada. Peran serta orang tua dalam pola pengasuhan menjadi penting untuk ditingkatkan. Kerja sama antara orang tua, pendidik dan masyarkat sekitar sangat diperlukan demi tercapainya tujuan utama pembentukan karakter religius pada anak yang diharapkan dapat menjadi solusi yang terbaik di lembaga pendidikan RA 06 AL Hidayah Kota Batu. Dari latar belakang penelitian diatas , maka peneliti bisa merumuskan masalah tentang usaha-usaha atau langkah konkret apa yang akan dilakukan oleh sebuah lembaga sekolah dalam mewujudkan pembentukan karakter religius dan faktor apa yang menjadi penghambat dari program tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang usaha-usaha apa yang akan ditempuh oleh lembaga pendidikan untuk mengimplementasikan pendidikan karakter religius serta faktor-faktor yang mendukung dan yang menghambat implementasi pendidikan karakter religius tersebut. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif. Poses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode obervasi, yaitu pengamatan yang merupakan aktifitas penelitian sebuah fenomena yang dilakukan secara sistematis, dan metode wawancara yang merupakan pengumpulan data dengan menggunakan cara pengumpulan data dengan memakai Tanya jawab secara lisan dengan sumber data, serta metode dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal variable yang berupa catatan-catatan, transkriptranskrip, buku, laporan-laporan dan lain sebagainya. Dalam penelitian ini usaha-usaha kepala sekolah dalam mengimplementasikan pendidikan karakter religius adalah melalui pembiasaanpembiasaan yang dilakukan sehari-hari seperti terbiasa memberi dan menjawab salam, gemar berbagi, doa bersama, mengaji, beramal, sholat berjamaah, budayakan 5s (senyum, salam, sapa, sopan,santun). Berdasarkan usaha-usaha diatas, didapatkan hasil temuan bahwasannya anak-anak akan menyukai kegiatan yang dilakukan berulang-ulang, dan hal ini akan berpengaruh pada proses pembentukan karakter religius pada jangka panjang. Program implementasi pendidikan karakter religius yang dilakukan oleh RA-06 AL Hidayah dikatakan berhasil karena dapat menciptakan lulusan anakanak yang mandiri, taat beragama, santun kepada orang yang lebih tua, serta dapat menghafal surat-surat pendek, doa-doa harian, dan hafalan hadist lebih banyak dari pada anak-anak dari lembaga sekolah non RA, keberhasilan ini karena didukung oleh segenap pihak yang terkait. Sebagai saran, agar lembaga sekolah meningkatkan mutu pendidikan dengan terus meningkatkan prestasi akademik maupun non akademik melalui pendidikan karakter religius yang lebih luas lagi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikanen_US
dc.subjectKarakteren_US
dc.subjectReligiusen_US
dc.subjectAnak Usia Dinien_US
dc.titleImplementasi Pendidikan Karakter Religius Anak Usia Dini di RA 06 Al Hidayah Kota Batuen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record