Show simple item record

dc.contributor.authorSetyowati, Titin
dc.date.accessioned2021-01-02T02:52:44Z
dc.date.available2021-01-02T02:52:44Z
dc.date.issued2020-07-23
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1253
dc.description.abstractProgram Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan gerakan penumbuhan budi pekerti sebagaimana dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Salah satu kegiatan di dalam gerakan tersebut adalah kegiatan 15 menit membaca buku nonpelajaran sebelum waktu belajar dimulai. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik serta meningkatkan keterampilan membaca agar pengetahuan dapat dikuasai secara lebih baik. Materi bacaan berisi nilai-nilai budi pekerti, berupa kearifan lokal, nasional, dan global yang disampaikan dalam pelaksanaan GLS sesuai tahap perkembangan peserta didik Pelaksanaan Gerakan Literas Sekolah (GLS) di lapangan ternyata menghadapi beberapa kendala, baik dari pelaksanaanya maupun dari fasilitas penunjangnya. Dari beberapa penelitian yang telah dilakukan menyimpulkan bahwa salah satu kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan GLS di sekolah adalah keterbatasan variasi buku bacaan yang sesuai dengan kebutuhan siswa. SMK Negeri 2 Turen sebagai SMK berbasis kemaritiman juga menghadapi permasalahan yang sama dalam pelaksanaan GLS, yaitu sangat terbatasnya buku bertema kemaritiman yang disediakan dalam kegiatan GLS. Untuk itulah peneliti mengembangkan media infografis untuk mengantarkan informasi bertemakan kemaritiman dalam bentuk buku bacaan yang digunakan dalam kegiatan GLS, dengan menggunakan aplikasi Photoshop CS6 dan Corel Draw X7. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) mendiskripsikan proses pengembangan media infografis tema kemaritiman nusantara sebagai buku bacaan dalam kegiatan Gerakan Literas Sekolah ( GLS) d SMKN 2 Turen, (2) mendiskripsikan hasil pengembangan media infografis tema kemaritiman nusantara sebagai buku bacaan dalam kegiatan Gerakan Literas Sekolah (GLS), dan (3) mendiskripsikan kelayakan hasil pengembangan media infografis tema kemaritiman nusantara sebagai buku bacaan dalam kegiatan Gerakan Literas Sekolah (GLS) d SMKN 2 Turen. Dalam mengembangkan produk tersebut, peneliti menggunakan model pengembangan yang merujuk pada teori Borg & Gall yang disederhanakan dan dibatasi pada empat tahapan, yaitu (1) pengumpulan data dan informasi, (2) pengembangan produk, (3) uji coba, dan (4) revisi produk. Pada tahap uji coba, peneliti melibatkan beberapa ahli untuk menilai produk yang dikembangkan. Peneliti melibatkan ahli materi, ahli media, dan praktisi yaitu Tim GLS SMK Negeri 2 Turen. Setelah validasi ahli, selanjutnya dilakukan uji coba kelayakan kepada 40 siswa kelas XI SMK Negeri 2 Turen Hasil validasi dan uji kelayakan produk menunjukkan bahwa buku bacaan yang dihasilkan layak untuk diimplementasikan. Hasil uji validasi ahli materi, praktisi dan peserta didik pada aspek isi berturut-turut mendapatkan nilai sebesar 83% (layak), 96% (sangat layak), dan 84% (layak). Pada aspek penyajian, nilai yang diberikan ahli media, praktisi, dan peserta didik yaitu 83% ( layak), 96% (sangat layak), dan 81% (layak). Nilai persentase uji validasi ahli materi, praktisi, dan peserta didik pada aspek bahasa yaitu 88% (sangat layak), 95% (sangat layak), dan 78% (layak). Sementara itu, ahli media, praktisi, dan peserta didik berturut-turut memberikan nilai 93% (sangat layak), 95% (sangat layak) dan 81% (layak) pada aspek kegrafikaan. Berdasarkan hasil pengembangan peneliti mengajukan beberapa saran pemanfaatan. Pertama, tim GLS bisa menggunakan buku bacaan hasil pengembangan ini dalam kegiatan literasi baik secara daring maupun luring. Kedua, buku bacaan hasil pengembangan ini tidak hanya dinikmati oleh peserta didik di SMKN 2 Turen saja tetapi bisa juga dinikmati oleh peserta didik sekolah di sekitar SMKN 2 Turen dalam kegiatan GLS. Melalui esensi materi dalam buku bacaan ini semoga dapat menambah wawasan peserta didik SMKN 2 Turen dalam mengenal dan memahami hal-hal yang berkaitan dengan kemaritiman nusantara.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectInfografisen_US
dc.subjectKemaritiman Nusantaraen_US
dc.subjectBuku Bacaanen_US
dc.subjectGerakan Literasi Sekolah (GLS)en_US
dc.titlePengembangan Media Infografis Tema Kemaritiman Nusantara sebagai Buku Bacaan dalam Kegiatan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMK Negeri 2 Turenen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record