dc.description.abstract | Strategi Penguatan Pendidikan Karakter berbasis Pendidikan Agama Islam di
SMA Islam Malang yang selama ini di nilai hanya sekedar mengalihkan pengetahuan
(Transfer of knowlage) agar biasa membawa perubahan (agent of change) mendasar
pada anak didik berkarakter akhlak karimah.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang :
(1) Perencanaan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) berbasis Pendidikan agama
Islam di SMA Islam Kota Malang. (2) Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter
(PPK) berbasis Pendidikan Agama Islam di SMA Islam Kota Malang. (3) Evaluasi
Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) berbasis Pendidikan Agama Islam di SMA
Islam Kota Malang
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data melalui
informasi, data, dan fakta secara langsung pada obyek penelitian, baik melalui
wawancara, observasi, maupun dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah kepala
sekolah, wakil kepala sekolah, guru bimbingan karier, guru Agama, guru mata pelajaran
umum, karyawan, alumni, dan siswa dan tata usaha SMA Islam Malang.
Hasil penelitian menggambarkan bahwa: (1) Kepala SMA Islam Malang
memiliki rencana strategi Penguatan pendidikan Karakter berbasis Pendidikan Agama
Islam yang diimplementasikan melalui program kurikuler, ekstra kurikuler dan
kokurikuler. Kegiatan kurikuler dilaksanakan di dalam ruang kelas sedangkan kegiatan
ekstra kurikuler dilaksanakan dalam ruang dan di luar ruangan dalam lingkungan SMA
Islam, sedangkan kokurikuler dikerjakan di luar jam tatap muka. (2) Kepala sekolah
SMA Islam Malang dengan semua pimpinan, guru agama, semua tenaga kependidikan
dan non tenaga kependidikan dan seluruh warga sekolah melaksanakan strategi
penguatan pendidikan karakter berbasis pendidikan agama Islam secara seksama
dalam lingkungan sekolah yang pelaksanaannya bersifat harian, mingguan dan
monumental. Adapun kegiatan yang bersifat harian di samping kegiatan pembelajaran
dalam kelas ialah melaksanakan kegiatan penertiban siswa sebelum masuk kelas di pagi
hari, pengamalan senyum, sapa, salam, (3S), berdoa bersama, tartil Al-Quran dan
kajian kandungan ayat -ayat Al-Quran, shalat dhuha, shalat lohor berjamaah, belajar
baca tulis Al-Quran, sedangkan kegiatan yang bersifat mingguan yaitu setiap hari
jum’at pagi dimulai dengan melaksanakan kajian Fiqih wanita/ keputrian , berdoa
bersama, istighotsah dan shalat jumat bagi siswa putra. Sedangkan pelaksanaan
program yang bersifat monumental seperti hari besar Nasional dan hari besar Islam
seperti merayakan tahun baru Islam pada bulan Muharam, peringatan Maulud Nabi,
Peringatan Isro dan Mi’roj Nabi Muhammad SAW., melaksanakan shalat Idul Adha
dan penyembelihan binatang kurban dan pembagian daging kurban, serta pelaksanaan
pondok Romadlon dan pengumpulan serta pembagian zakat dilaksanakan sesuai
dengan kalender yang telah ditetapkan oleh kepala sekolah. (3) Hasil Evaluasi dari
strategi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) berbasis pendidikan agama Islam di
SMA Islam Malang tercipta situasi dan kondisi di lingkungan sekolah menjadi aman,
nyaman, tenteram, sehingga mendukung situasi pendidikan dan pembelajaran yang
berkualitas, siswa terbiasa melaksanakan tata tertib sekolah dengan baik, warga
sekolah terbiasa mendirikan shalat wajib berjamaah, warga sekolah berbusana
muslimah, bergaul dengan berakhlak karimah, jumlah lulusan siswa selalu mencapai
seratus persen dan banyak di terima melanjutkan di perguruan tinggi negeri dan swasta
yang favorit di kota Malang khususnya, serta semakin bertambah baik hubungan kerja
sama dengan lingkungan masyarakat kota Malang, instansi pemerintah dan swasta yang
saling menguntungkan. | en_US |