dc.description.abstract | Pendahuluan: Akreditasi program studi dipengaruhi oleh prestasi akademik serta
jumlah mahasiswa lulus tepat waktu. Menurut teori causal model of PBL, prestasi
akademik dipengaruhi oleh kinerja tutor dan motivasi belajar. Peneliti ingin
mengetahui korelasi kinerja tutor dan motivasi belajar mahasiswa dengan prestasi
akademik di Fakultas Kedokteran UNISMA.
Metode: Penelitian kuantitatif dengan metode purposive sampling menggunakan
pendekatan cross sectional. Penelitian ini mempunyai total populasi 305
mahasiswa, sementara yang memenuhi kriteria inklusi sebanyak 246 mahasiswa.
Pengambilan data menggunakan kuesioner kinerja tutor dan motivasi belajar
mahasiswa menggunakan google form. Data dianalisis menggunakan analisis
bivariat dengan uji korelasi pearson dan regresi robust.
Hasil: Nilai rata-rata pada kinerja tutor menurut responden didapatkan sebesar
(44,4) tergolong kinerja tutor tinggi. sedangkan pada motivasi belajar didapatkan
nilai rata-rata sebesar (176,5) tergolong motivasi belajar mahasiswa tinggi. Nilai
uji korelasi pearson kinerja tutor dan motivasi belajar pada keseluruhan blok nilai
pvalue (<0,05) menunjukan bahwa terdapat korelasi signifikan dengan prestasi
akademik. Pada Uji regresi robust didapatkan kinerja tutor (0,465) dan motivasi
belajar (0,098) yang artinya apabila nilai standardize coefficient naik satu satuan
maka prestasi akadmik akan naik. Hasil kinerja tutor lebih berpengaruh terhadap
prestasi akademik
Kesimpulan: Kinerja tutor dan motivasi belajar mempunyai korelasi positif yang
signifikan terhadap prestasi akademik. Kinerja tutor merupakan faktor yang lebih
dominan pengaruhnya terhadap prestasi akdemik. | en_US |