Korelasi Kinerja Tutor dan Motivasi Belajar Mahasiswa dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Kedokteran

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Nugroho, Muhammad Wildan Satrio
dc.date.accessioned 2021-01-20T02:47:05Z
dc.date.available 2021-01-20T02:47:05Z
dc.date.issued 2021-01-18
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1468
dc.description.abstract Pendahuluan: Akreditasi program studi dipengaruhi oleh prestasi akademik serta jumlah mahasiswa lulus tepat waktu. Menurut teori causal model of PBL, prestasi akademik dipengaruhi oleh kinerja tutor dan motivasi belajar. Peneliti ingin mengetahui korelasi kinerja tutor dan motivasi belajar mahasiswa dengan prestasi akademik di Fakultas Kedokteran UNISMA. Metode: Penelitian kuantitatif dengan metode purposive sampling menggunakan pendekatan cross sectional. Penelitian ini mempunyai total populasi 305 mahasiswa, sementara yang memenuhi kriteria inklusi sebanyak 246 mahasiswa. Pengambilan data menggunakan kuesioner kinerja tutor dan motivasi belajar mahasiswa menggunakan google form. Data dianalisis menggunakan analisis bivariat dengan uji korelasi pearson dan regresi robust. Hasil: Nilai rata-rata pada kinerja tutor menurut responden didapatkan sebesar (44,4) tergolong kinerja tutor tinggi. sedangkan pada motivasi belajar didapatkan nilai rata-rata sebesar (176,5) tergolong motivasi belajar mahasiswa tinggi. Nilai uji korelasi pearson kinerja tutor dan motivasi belajar pada keseluruhan blok nilai pvalue (<0,05) menunjukan bahwa terdapat korelasi signifikan dengan prestasi akademik. Pada Uji regresi robust didapatkan kinerja tutor (0,465) dan motivasi belajar (0,098) yang artinya apabila nilai standardize coefficient naik satu satuan maka prestasi akadmik akan naik. Hasil kinerja tutor lebih berpengaruh terhadap prestasi akademik Kesimpulan: Kinerja tutor dan motivasi belajar mempunyai korelasi positif yang signifikan terhadap prestasi akademik. Kinerja tutor merupakan faktor yang lebih dominan pengaruhnya terhadap prestasi akdemik. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Prestasi Akademik en_US
dc.subject Kinerja tutor en_US
dc.title Korelasi Kinerja Tutor dan Motivasi Belajar Mahasiswa dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Kedokteran en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account