Show simple item record

dc.contributor.authorHabi, Abdul
dc.date.accessioned2020-10-20T03:02:04Z
dc.date.available2020-10-20T03:02:04Z
dc.date.issued2020-08-11
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/155
dc.description.abstractTesis ini menginginkan adanya sebuah penelitian secara mendalam tentang budaya toleransi disalah satu sekolah plural yang menjunjung tinggi adanya toleransi diantara umat beragama yang sangat kental. Kehidupan dan budaya di sekola itu sangat unik, satu sama lain saling bekerjasama, saling menghormati, serta hidup selaras tanpa adanya konflik antar umat beragama. Peneliti juga menginginkan kajian mendalam tentang budaya toleransi pada penelitian lapangan. Untuk mengetahui bentuk atau wujud dari adanya toleransi, serta faktor-faktor yang mendukung dan menghambat terwujudnya toleransi antar umat beragama. Dalam tesis ini peneliti menfokuskan penelitian di SMA Negeri 1 Kempo Kabupaten Dompu, yaitu pada budaya toleransi antar umat beragama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi metode wawancara serta observasi. Dokumentasi akan digunakan dengan cara membaca dan menggali informasi dari dokumen dan dari agenda kegiatan keagamaan guru dan siswa. Dan wawancara digunakan untuk menggali informasi yang utuh dari sekolah tersebut. Sedangkan observasi adalah pengamatan secara langsung pada objek penelitian, yakni siswa dan Guru di SMA Negeri 1 Kempo Kabupaten Dompu. Maka kesimpulan dalam Penelitian ini juga menyimpulkan bahwa guru menggunakan Pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada siswa seperti pendekatan historis, pendekatan sosiologis, pendekatan kultural, pendekatan emosional, pendekatan, keteladana, dan pendekatan rasional serta fungsional. Dan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru adalah metode pembelajaran yang berbasis toleransi dan metode pembelajaran penyampaian materi di kelas seperti metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, diskusi, kerja kelompok. Sedangkan proses pembelajaran selanjutnya guru Pendidikan Agama Islam SMA Negeri 1 Kempo menyampaikan materi pembelajaran tidak hanya dalam ruang kelas, tetapi di luar kelas juga menjadi titik fokus bagi guru seperti kegiatan keagamaan, tadarus, peringatan hari besar Islam, buka puasa bersama dan kegiatan keagamaan lainya, serta saling membantu antar warga sekolah tanpa memandang latar belakang agamanya. Sikap yang demikian ditunjukan langsung oleh guru baik dalam proses belajar mengajar maupun dalam pergaulan dilingkungan sekolah. Kata kunci: budaya toleransi antar umat beragama, pembelajaran pendidikan agama islamen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectResearch Subject Categories::HUMANITIES and RELIGIONen_US
dc.subjectResearch Subject Categories::SOCIAL SCIENCES::Social sciences::Educationen_US
dc.titleBudaya Toleransi Antar Umat Beragama dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Kempo Kabupaten Dompuen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record