Show simple item record

dc.contributor.authorRamelan
dc.date.accessioned2021-02-18T03:53:00Z
dc.date.available2021-02-18T03:53:00Z
dc.date.issued2021-01-27
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1583
dc.description.abstractKeberagaman suku, agama, ras, status sosial, pendapat, keyakinan, budaya dan jenis kelamin pada siswa-siswi di sekolah tentunya menjadi persoalan tersendiri. Ketersinggungan dan pertengkaran antarsiswa maupun guru yang beragam juga sering terjadi. Kondisi permasalahan-permasalahan tersebut secara terus-menerus dilakukan penyelesaian dengan menggunakan penanaman nilai-nilai pendididikan Islam berbasis kebhinekaan/keberagaman oleh pengelola sekolah dan guru-guru SMA “ISLAM” Kota Malang. Keberhasilan sekolah tersebut dalam mengatasi permasalahan-permasalahan kebhinekaan patut dipertahankan dan dilestarikan. Penelitian ini berusaha memahami dan menganalis tentang pelestarian nilai-nilai Pendidikan Islam berbasis kebhinekaaan di SMA “ISLAM” dengan fokus kajiannya mencakup: 1) pelestarian nilai-nilai kebhinekaan melalui pembelajaran di kelas; 2) pelestarian nilai-nilai kebhinekaan melalui kegiatan ekstrakurikuler; 3) pelestarian nilainilai kebhinekaan melalui peringatan hari-hari besar nasional dan hari-hari besar keagamaan. 4) pelestarian nilai-nilai kebhinekaan melalui pembiasaan di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, obsertasi, dan dokumentasi. Dalam analisa data menggunakan teknik yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan kriteria kepercayaan; triangulasi, member check, keteralihan, dependabilitas, konfirmabilitas. Adapun informan dalam penelitian ini adalah Ketua Yayasan Yaperis, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, Kesiswaaan, Humas, guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan beberapa pengurus OSIS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pelestarian nilai-nilai Pendidikan Islam berbasis kebhinekaaan melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas yaitu program pembelajaran spiritual, program pembelajaran sosial-relegius dan program penguatan; 2) pelestarian nilai-nilai Pendidikan Islam berbasis kebhinekaaan melalui kegiatan ekstrakurikuler yaitu pembinaan kerohanian, pembinaan nasionalis, pembinaan budi pekerti, pembinaan kepemimpinan, pembinaan olah raga, dan pembinaan seni; 3) pelestarian nilai-nilai Pendidikan Islam berbasis kebhinekaan melalui PBHI yaitu peringatan Maulid Nabi, Isro’ Mi’roj, Tahun Baru Islam / Hijriah, Idul Qurban dan melalui PHBN yaitu peringatan Hardiknas, HUT Kemerdekaan RI hari Pahlawan, dan hari Sumpah Pemuda; 4) pelestarian nilai-nilai Pendidikan Islam berbasis kebhinekaan melalui pembiasaan di SMA “ISLAM” yaitu melalui program perilaku relegius, perilaku nasionalis, perilaku mandiri, perilaku gotong royong dan kekeluargaan, dan perilaku integritas dan kejujuran; Selain hasil-hasil penelitian di atas, juga ditemukan pelestarian nilai-nilai kebhinekaaan di sekolah berdasar tahapan pengalaman belajar ada enam tingkatan yaitu: mengetahui, memahami, melaksanakan, meyakini, membiasakan, dan melestarikan. Keenam tahapan tersebut mencerminkan tingkatan penguasaan nilai-nilai yang didapat dari pengalaman belajar, tingkatan paling rendah mengetahui dan tingkatan paling tinggi melestarikan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPelestarianen_US
dc.subjectPendidikan Islamen_US
dc.titlePelestarian Nilai-Nilai Pendidikan Islam Berbasis Kebhinekaaan di SMA “ISLAM”en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record