Show simple item record

dc.contributor.authorSusanti, Retno
dc.date.accessioned2021-03-09T02:07:41Z
dc.date.available2021-03-09T02:07:41Z
dc.date.issued2021-01-27
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1730
dc.description.abstractPelajaran bahasa Indonesia ialah mata pelajaran yang menduduki posisi yang sangat penting dan sejajar dengan mata pelajaran yang lain di sekolah. Peran guru dalam menyampaikan dan menyajikan materi yang diajar sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu guru butuh penunjang bahan ajar juga diperlukan selain buku utama. Penelitian berjudul “Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Menulis Teks Eksplanasi Kompleks dengan Model Problem Based Learning” ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kebutuhan bahan ajar interaktif menulis teks eksplanasi kompleks dengan model Problem Based Learning (PBL) untuk siswa kelas XI SMA, (2) pengembangan bahan ajar interaktif menulis teks eksplanasi kompleks dengan model Problem Based Learning (PBL) untuk siswa kelas XI SMA, (3) kelayakan pengembangan bahan ajar interaktif menulis teks eksplanasi kompleks dengan model Problem Based Learning (PBL) untuk siswa kelas XI SMA. Model pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D (four D model) yang memiliki 4 tahap penelitian pengembangan define, design, develop, dan disseminate. Model pengembangan 4-D ini mempunyai empat tahap pengembangan yaitu: (1) difine (pendefinisian/kajian awal), (2) design (perancangan), (3) develop (pengembangan), dan (4) disseminate (penyebaran). Desain uji coba menggunakan 25 siswa, kemudian subjek uji coba produk menggunakan 20 siswa beserta guru Bahasa Indonesia terkait. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi dan wawancara. Kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif Pada penelitian ini presentase yang didapatkan dari hasil analisis kebutuhan guru mencapai nilai 91,1% guru sangat setuju jika diadakannya pengembangan terhadap bahan ajar interaktif menulis teks eksplanasi kompleks dengan model problem based learning (PBL) siswa kelas XI MA Islamiyah Syafi‟iyah Probolinggo.Sedangkan pada analisis kebutuhan siswa 87,5% menyatakan sangat setuju bahwa siswa membutuhkan bahan ajar interaktif menulis teks eksplanasi kompleks yang mampu menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Hal ini menunjukkan bahwa guru dan siswa membutuhkan adanya pengembangan bahan ajar interaktif pada pembelajaran menulis teks eksplanasi kompleks agar memudahkan dan memberikan ketertarikan siswa dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan ketepatan produk bahan ajar interaktif dari hasil validasi ahli materi memperoleh skor 85,5% sedangkan pada ahli media memperoleh skor 86% hal ini memunjukkan bahwa produk bahan ajar interaktif menulis teks eksplanasi kompleks dengan model problem based learning siswa kelas XI valid dan layak diimplementasikan dengan sedikit revisi. Pada respon guru menunjukkan nilai 83,3%, sedangkan pada respon siswa menunjukkan nilai 75% siswa setuju apabila bahan ajar interaktif menjadi materi yang mudah dipahami dan layak digunakan dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi kompleks dengan model problem based learning. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar interaktif menulis teks eksplanasi kompleks yang sudah dikembangkan sudah valid tanpa revisi.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPengembanganen_US
dc.subjectBahan Ajar Interaktifen_US
dc.subjectTeks Eksplanasi Kompleksen_US
dc.subjectModel Problem Based Learningen_US
dc.titlePengembangan Bahan Ajar Interaktif Menulis Teks Eksplanasi Kompleks Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas XI SMAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record