dc.description.abstract | Pelajaran bahasa Indonesia ialah mata pelajaran yang menduduki posisi
yang sangat penting dan sejajar dengan mata pelajaran yang lain di sekolah. Peran
guru dalam menyampaikan dan menyajikan materi yang diajar sangat berpengaruh
terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu guru butuh penunjang bahan ajar juga
diperlukan selain buku utama.
Penelitian berjudul “Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Menulis Teks
Eksplanasi Kompleks dengan Model Problem Based Learning” ini bertujuan
untuk mendeskripsikan (1) kebutuhan bahan ajar interaktif menulis teks
eksplanasi kompleks dengan model Problem Based Learning (PBL) untuk siswa
kelas XI SMA, (2) pengembangan bahan ajar interaktif menulis teks eksplanasi
kompleks dengan model Problem Based Learning (PBL) untuk siswa kelas XI
SMA, (3) kelayakan pengembangan bahan ajar interaktif menulis teks eksplanasi
kompleks dengan model Problem Based Learning (PBL) untuk siswa kelas XI
SMA.
Model pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D (four
D model) yang memiliki 4 tahap penelitian pengembangan define, design,
develop, dan disseminate. Model pengembangan 4-D ini mempunyai empat tahap
pengembangan yaitu: (1) difine (pendefinisian/kajian awal), (2) design
(perancangan), (3) develop (pengembangan), dan (4) disseminate (penyebaran).
Desain uji coba menggunakan 25 siswa, kemudian subjek uji coba produk
menggunakan 20 siswa beserta guru Bahasa Indonesia terkait. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket validasi dan wawancara. Kemudian
dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif Pada penelitian ini presentase yang didapatkan dari hasil analisis
kebutuhan guru mencapai nilai 91,1% guru sangat setuju jika diadakannya
pengembangan terhadap bahan ajar interaktif menulis teks eksplanasi kompleks
dengan model problem based learning (PBL) siswa kelas XI MA Islamiyah
Syafi‟iyah Probolinggo.Sedangkan pada analisis kebutuhan siswa 87,5%
menyatakan sangat setuju bahwa siswa membutuhkan bahan ajar interaktif
menulis teks eksplanasi kompleks yang mampu menjadikan pembelajaran lebih
menyenangkan dan tidak membosankan. Hal ini menunjukkan bahwa guru dan
siswa membutuhkan adanya pengembangan bahan ajar interaktif pada
pembelajaran menulis teks eksplanasi kompleks agar memudahkan dan
memberikan ketertarikan siswa dalam pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan ketepatan produk bahan ajar
interaktif dari hasil validasi ahli materi memperoleh skor 85,5% sedangkan pada
ahli media memperoleh skor 86% hal ini memunjukkan bahwa produk bahan ajar
interaktif menulis teks eksplanasi kompleks dengan model problem based learning
siswa kelas XI valid dan layak diimplementasikan dengan sedikit revisi.
Pada respon guru menunjukkan nilai 83,3%, sedangkan pada respon siswa
menunjukkan nilai 75% siswa setuju apabila bahan ajar interaktif menjadi materi
yang mudah dipahami dan layak digunakan dalam pembelajaran menulis teks
eksplanasi kompleks dengan model problem based learning. Hal ini menunjukkan
bahwa bahan ajar interaktif menulis teks eksplanasi kompleks yang sudah
dikembangkan sudah valid tanpa revisi. | en_US |