MENDETEKSI PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK DENGAN PERSPEKTIF FRAUD DIAMOND THEORY

Show simple item record

dc.contributor.author hariri, hariri
dc.date.accessioned 2021-10-19T02:36:03Z
dc.date.available 2021-10-19T02:36:03Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2108
dc.description.abstract Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah secara simultan dan parsial teori fraud diamond yang terdiri dari tekanan, peluang, rasionalisasi dan kemampuan mempengaruhi tindakan kecurangan akademik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner secara langsung kepada responden. Penelitian ini mengambil sampel mahasiswa S1 Jurusan Akuntansi di Universitas Islam Malang. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah secara simultan teori fraud diamond (tekanan, peluang, rasionalisasi dan kemampuan) berpengaruh secara positif signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik. Secara parsial tekanan tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik, secara parsial kesempatan berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik, secara parsial rasionalisasi berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik, dan secara parsial kemampuan berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik. Namun diantara empat teori tersebut rasionalisasi yang paling dipilih oleh responden yang memiliki potensi terhadap perilaku kecurangan akademik. Hasil penelitian ini dapat memberikan masukan kepada pada pendidik agar dapat meminimalisirkan perilaku kecurangan akademik. en_US
dc.publisher JU-ke-LPPM Unisma en_US
dc.subject kecurangan akademik, tekanan, peluang, rasionalisasi, kemampuan en_US
dc.title MENDETEKSI PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK DENGAN PERSPEKTIF FRAUD DIAMOND THEORY en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account