Show simple item record

dc.contributor.authorMuklis, Samsul Khoirul
dc.date.accessioned2021-11-04T01:54:16Z
dc.date.available2021-11-04T01:54:16Z
dc.date.issued2021-07-13
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2305
dc.description.abstractBahasa adalah kemampuan yang dimiliki oleh manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya menggunakan tanda, misalnya kata atau gerakan. Bahasa yang sering digunakan di negara kita adalah bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan sehingga pelajaran bahasa Indonesia diajarkan disetiap jenjang pendidikan, mulai dari pendidikan dasar, hingga pendidikan menengah atas atau bahkan perguruan tinggi. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia peserta didik diajarkan empat keterampilan yaitu keterampilan menulis, keterampilan berbicara, keterampilan menyimak dan keterampilan membaca. Pembelajaran keempat keterampilan itu diajarkan dengan bahan ajar. Contoh bahan ajar antara lain buku pelajaran, modul, handout, LKS, bahan ajar audio, bahan ajar video, bahan ajar interaktif, dan sebagainya. Bahan ajar yang sering digunakan di sekolah adalah buku siswa mata pelajaran bahasa Indonesia yang diterbitkan pemerintah. Kendala di sekolah/madrasah swasta ialah jumlah buku yang tersedia dengan jumlah peserta didik tidak sepadan. Untuk mengatasi hal tersebut guru berinovasi untuk membuat lembar kerja. Lembar kerja peserta didik (LKPD) atau yang biasa disebut lembar kerja siswa (LKS) merupakan sebuah perangkat pembelajaran yang berperan penting dalam pembelajaran. LKS dan LKPD merupakan dua hal yang sama yaitu berupa sesuatu yang harus dikerjakan oleh peserta didik atau siswa. Sehingga LKPD merupakan lembar kerja yang berisi soal dan uraian penjelasan/materi. Berbeda dengan lembar kerja ini yang didalamnya memuat model pembelajaran survey, question, read, recite, review (SQ3R) untuk membaca dan memahami isi sebuah teks serta model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) untuk keterampilan menulisnya. Kedua model tersebut dirasa mampu memberikan pemahaman lebih terhadap keterampilan menulis dan membaca peserta didik khususnya pada jenjang menengah. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan kebutuhan pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) mata pelajaran bahasa Indonesia berbasis teknik survey, question, read, recite, review (SQ3R) dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) kelas VII MTs Al-Ittihad Poncokusumo Malang. 2) Mendeskripsikan produk pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) mata pelajaran bahasa Indonesia berbasis teknik survey, question, read, recite, review (SQ3R) dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) kelas VII MTs Al-Ittihad Poncokusumo Malang. 3) Mendeskripsikan kelayakan pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) mata pelajaran bahasa Indonesia berbasis teknik survey, question, read, recite, review (SQ3R) dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) kelas VII MTs Al-Ittihad Poncokusumo Malang. Metode penelitian dan pengembangan atau dalam bahasa Inggrisnya Research and Development adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Untuk dapat menghasilkan produk tertentu digunakan penelitian yang bersifat analisis kebutuhan dan untuk menguji keefektifan produk tersebut supaya dapat berfungsi di masyarakat, maka diperlukan penelitian untuk menguji keefektifan produk tersebut. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah lembar kerja peserta didik (LKPD) dengan model Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC).Dalam pengembangannya, peneliti menggunakan model pengembangan Plomp. Model Plomp dipandang lebih luwes dan fleksibel dibanding model pengembangan lain, dikarenakan pada setiap fase kegiatannya dapat disesuaikan dengan karakteristik penelitiannya. Dalam penelitian dan pengembangan ini, telah dihasilkan lembar kerja peserta didik materi teks deskripsi, teks fantasi, teks prosedur, dan teks laporan hasil observasi. Adapun hasil uraian pengembangan sebagai berikut. Analisis kebutuhan sebelum melakukan pengembangan diperoleh dengan penyebaran angket kebutuhan guru dan angket kebutuhan peserta didik. Hasil i analisis kebutuhan guru menunjukkan bahwa guru sangat setuju dengan pengembangan LKPD ini dengan persentase 52% dan 74% setuju. Sementara untuk analisis kebutuhan peserta didik mencapai 34% sangat setuju dan 42% setuju. Setelah data untuk pengembangan dilakukan desain produk dan pembuatan produk berdasarkan data yang diperoleh dari analisis kebutuhan. Proses pengembangan produk dimulai dari 1) mendesain cover, 2) membuat judul bab yang dilengkapi dengan kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi dan tujuan pembelajaran, 3) membuat konten perlu diingat untuk menekankan materi penting yang perlu dipahami, 4) adanya peta konsep untuk menyampaikan isi bab secara singkat, 5) sub bab sesuai dengan indikator dan tujuan pembelajaran, 6) belajar sambil melakukan merupakan konten untuk praktik setelah belajar bersama, 7) soal latihan berupa pilihan ganda sebagai tahap akhir di masing masing bab. Uji kelayakan produk dilakukan dengan validasi. Validasi instrumen, ahli materi, dan ahli perencanaan pembelajaran menunjukkan 1) hasil validasi instrumen dengan persentase 64% sangat setuju dan 36% setuju, 2) hasil validasi ahli materi dengan persentase 72% sangat setuju dan 28% setuju, dan 3) hasil validasi ahli perencanaan pembelajaran dengan persentase 89% sangat setuju dan 11% setuju. Kata kunci: lembar kerja peserta didik (LKPD), survey, question, read, recite, review (SQ3R), cooperative integrated reading and composition (CIRC).en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Bahasa Indonesiaen_US
dc.subjectLembar Kerja Peserta Didik (LKPD)en_US
dc.subjectSurvey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R)en_US
dc.subjectCooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)en_US
dc.titlePengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teknik Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Kelas VII MTs Al-Ittihad Poncokusumo Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record