Show simple item record

dc.contributor.authorMarzuki, Achmad
dc.date.accessioned2021-12-08T03:53:56Z
dc.date.available2021-12-08T03:53:56Z
dc.date.issued2021-10-29
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2703
dc.description.abstractDengan adanya musibah pandemi Covid-19, pembelajran yang semula dilaksanakan dengan tatap muka harus dilaksanakan secara daring. perihal pembelajaran secara daring dan bekerja dari rumah dalam rangka pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), maka pembelajaran yang dilaksanakan di Indonesia semua dilaksanakan secara daring. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan dan menganalisis bentuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MA Al Hidayah Donowarih Karangploso Malang di era new normal Covid-19. 2) Mendeskripsikan dan menganalisis strategi pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam di MA Al Hidayah Donowarih Karangploso Malang di era new normal Covid-19. 3) Mendeskripsikan dan menganalisis model pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam di MA Al Hidayah Donowarih Karangploso Malang di era new normal Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari metode tersebut kemudian peneliti menganalisis data yang ada melalui tiga komponen yaitu: kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Bentuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam di era new normal Covid-19 yang dilaksanakan di MA Al Hidayah Donowarih Karangploso Malang dilaksanakan secara Hybrid Learning dengan format pembelajaran Synchronous virtual collaboration. Dimana siswa yang bermukim di pondok pesantren mengikuti pembelajaran secara tatap muka dan siswa yang bermukim di rumah mengikuti pembelajaran secara daring. 2) Strategi yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam di Era New Normal Covid-19 di MA Al Hidayah Donowarih Karangploso Malang adalah sebagai berikut: a) Strategi pembelajaran Ekspositori b) Strategi pembelajaran Inkuiri c) Strategi Pembelajaran Kontekstual d) Strategi Pembelajaran Partisipatif. 3)Model pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam di Era New Normal Covid-19 di MA Al Hidayah Donowarih Karangploso Malang adalah menggunakan model pembelajaran Pemrosesan Informasi dengan Problem Based Learning (PBL) atau Pembelajaran Berbasis Masalah. Bentuk pembelajaran secara Hybrid Learning dengan format pembelajaran Synchronous virtual collaboration. Pendekatan yang digunakan oleh guru yaitu pendekatan yang berpusat pada siswa (student-centered approaches) dan metode yang dilakukan adalah menggunakan metode ceramah serta teknik yang digunakan adalah guru menjelaskan di depan kelas dengan menggunakan media powerpoint. Kata kunci: Bentuk Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Model Pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectBentuk Pembelajaranen_US
dc.subjectStrategi Pembelajaranen_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.titleModel Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam di Era New Normal Covid-19 di MA Al Hidayah Donowarih Karangploso Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record