Show simple item record

dc.contributor.authorRizqi, Muhimmah Tanfiatur
dc.date.accessioned2021-12-16T01:53:32Z
dc.date.available2021-12-16T01:53:32Z
dc.date.issued2021-07-20
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2758
dc.description.abstractPandemi covid-19 membawa pengaruh kepada semua lintas kehidupan, khusunya di dunia pendidikan anak usia dini. Akibat dari pandemi COVID-19, pelaksanaan sekolah dari taman kanak-kanak hingga universitas dengan terpaksa ditutup. Akibat dari pandemi covid-19 maka proses belajar mengajar dilakukan di rumah melalui proses pembelajaran jarak jauh. Salah satu metode yang tepat digunakan dalam pembelajaran secara online di masa pandemi adalah metode bercerita islami. Metode bercerita islami merupakan salah satu metode atau cara bercerita menggunakan tema atau judul islami seperti kisah para nabi, dan sahabat maupun tokoh- tokoh ilmuan muslim yang digunakan sebagai alat untuk menyampaikan pelajaran, hikmah, dan perilaku tauladan kepada anak-anak. Fokus penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran, penerapan metode bercerita islami serta evaluasi dan faktor pendukung maupun penghambat penerapan metode bercerita islami pada pembelajaran online di RA Assa’idiyyah Karangploso. Tujuan penelitian untuk menganalisis dan mendeskripsikan proses pembelajaran, penerapan metode bercerita islami, cara mengevaluasi serta faktor pendukung dan penghambat pada pembelajaran online di RA Assa’idiyyah Karangploso. Penelitian dilakukan dengan jenis pendekatan kualitatif dalam bentuk studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode wawancara dilakukan dengan wawancara tidak terstruktur kepada pihak terkait. Sumber data dari sumber data primer dan skunder. Teknik analisis data dengan tahapan reduksi data, perpanjangan data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, pembahasan sejawat, dan triangualasi. Hasil penelitian adalah pada penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang disusun oleh Tim Penyusun kurikulum pada saat pandemi covid-19, kegiatan pembelajaran berdasarkan tema yang sudah direncanakan atau disusun. Penyampaian isi cerita disesuaikan dengan tema pada saat itu dan mengandung nilai-nilai islami. Faktor pendukung penerapan metode ini adalah kekompakan antara kepala sekolah, guru dan wali murid. Sedangkan faktor penghambatnya adalah minimnya pengetahuan guru tentang teknik menyampaikan isi cerita dengan baik. Sebagai rekomendasi penelitian ini yaitu agar kemampuan guru saat menyampaikan isi cerita secara profesional. Kata Kunci: Metode Bercerita Islami, Pembelajaran online, Anak Usia Dinien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectMetode Bercerita Islamien_US
dc.subjectPembelajaran onlineen_US
dc.subjectAnak Usia Dinien_US
dc.titlePenerapan Metode Bercerita Islami pada Pembelajaran Online di RA Assa’idiyyah Karangplosoen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record