Pengembangan Media Pembelajaran dengan Lectora Inspire pada Materi Membaca Teks Fiksi untuk Siswa Kelas VIII MTsN 7 Nganjuk Tahun Ajaran 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.author Baroroh Ch, Alfin Aulia
dc.date.accessioned 2021-12-20T04:12:28Z
dc.date.available 2021-12-20T04:12:28Z
dc.date.issued 2021-07-24
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2827
dc.description.abstract Pendidikan perlu dilaksanakan semaksimal mungkin agar sejalan dengan tujuan sehingga meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Peningkatan sumber daya manusia harus diimbangi dengan peningkatan kualitas. Namun terdapat beberapa faktor yang memengaruhi proses pembelajaran peserta didik. Seperti kondisi yang terjadi saat ini adalah pandemi Covid-19. Pembelajaran yang awalnya tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh. Sehingga menyebabkan kurang efektifnya pembelajaraan. Agar meningkatkan kompetensi belajar siswa perlu penggunaan media pembelajaran yang praktis, dapat membuat siswa aktif, dan mudah digunakan. Dengan begitu, penggunaan media pembelajaran dengan Lectora Inspire diharapkan menjadi alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini mengembangkan produk dengan mengikuti prosedur penelitian pengembangan berdasarkan Borg and Gall yang dikenal dengan istilah Research and Development. Namun beberapa langkah disederhanakan dan tetap mengacu pada regulasi untuk pengmebangan produk oleh Borg and Gall, yaitu (1) tahap penelitian serta pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba awal, (5) revisi produk, (6) uji lapangan. Media Lectora Inspire yang telah dikembangkan terdapat empat kompetensi dasar yang telah ditetapkan berdasarkan Permendikbud. Media pembelajaran dengan Lectora Inspire ini terdiri dari, (1) kover media pembelajaran, (2) tampilan petunjuk penggunaan, (3) halaman login, (4) menu utama, (5) kompetensi, (6) membangun konteks, (7) materi, (8) evaluasi, (9) kuis, (10) profil penyusun. Berdasarkan validasi yang telah dilakukan oleh ahli media dan ahli materi, rata-rata nilai yang didapatkan dari validasi ahli media sebanyak 85% dengan keterangan media pembelajaran sangat valid dan tidak revisi. Sedangkan rata-rata nilai yang diperoleh dari validasi ahli materi adalah 74% dengan keterangan materi yang terdapat dalam media pembelajaran adalah valid tidak revisi. Analisis kebutuhan siswa dan guru mengenai media pembelajaran meliputii, 1) setuju terhadap materi membaca teks fiksi berdasarkan standar kompetensi/kompetensi dasar, 2) materi membaca teks fiksi terdapat 4 kompetensi yang hendak diajarkan, 3) materi membaca teks fiksi merupakan materi yang sangat penting dalam pembelajaran bahasa Indonesia, 4) setiap kompetensi dasar terdapat penugasan untuk siswa, 5) perlu disampaikan jenis-jenis fiksi dan nonfiksi, peta konsep dari buku fiksi dan nonfiksi, unsur-unsur fiksi dan nonfiksi, dan memberikan tanggapan terhadap buku fiksi atau nonfiksi, 7) adanya gambar atau animasi dalam media pembelajaran, 8) adanya musik latar pada medi pembelajaran, 9) dan adanya ikon dan menu agar membantu siswa untuk menggunakan media. Secara keseluruhan hasil analisis angket kebutuhan siswa dapat dilihat dari skala peniilaiannya yaitu sangat setuju 70.57%, setuju 24.47%, cukup 4.68%, dan tidak setuju 0.52%. Artinya pengembangan media pembelajaran sangat diperlukan di MTsN 7 Nganjuk, sedangkan hasil analisis angket kebutuhan guru dapat dilihat dari skala peniilaiannya yaitu sangat setuju 94%, setuju 6%. Artinya pengembangan media pembelajaran sangat diperlukan di MTsN 7 Nganjuk. Berdasarkan uji coba yang telah dilakukan pada guru, memiliki rata-rata 87%. Presentase tersebut termasuk kualifikasi sangat sesuai dengan keterangan sangat layak/sangat valid/ tidak perlu revisi. Sedangkan total presentase pemerolehan berdasarkan uji lapangan oleh siswa yaitu 86% yang termasuk kategori sangat valid, sangat baik, dan tidak perlu revisi. Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Lectora Inspire, Fiksi en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia en_US
dc.subject Pengembangan en_US
dc.subject Media Pembelajaran en_US
dc.subject Lectora Inspire en_US
dc.subject Fiksi en_US
dc.title Pengembangan Media Pembelajaran dengan Lectora Inspire pada Materi Membaca Teks Fiksi untuk Siswa Kelas VIII MTsN 7 Nganjuk Tahun Ajaran 2020/2021 en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account