Browsing DT - Multicultural Islamic Education by Title
Now showing items 11-30 of 59
-
Implementasi Nilai Nilai Pendidikan Islam Multikultural (Studi Multisitus tentang Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Pelita Hati Jember dan Sekolah Dasar Katolik Santo Yusuf Sukoreno)
(Universitas Islam Malang, 2021-04-22)Lembaga pendidikan yang memiliki keragaman kultur, budaya dan agama, seperti SD Pelita Hati Jember dan SDK ST Yusuf Sukoreno, bagaikan sebuah mata uang yang memiliki dua sisi, disatu sisi merupakan anugerah dan peluang ... -
Implementasi Nilai Pendidikan Keagamaan Islam Multikultural dalam Merawat Budaya Damai di Pondok Pesantren Ngalah Pasuruan
(Universitas Islam Malang, 2020-12-15)Pondok Pesantren merupakan salah satu lembaga non formal yang memberikan kontribusi adanya perdamaian. Namun untuk dapat mewujudkan adanya perdamaian tersebut membutuhkan proses, mulai dari perencanaan, implementasi ... -
Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Multikultural sebagai Landasan Resolusi Konflik (Kajian Tentang Proses Pembelajaran di Dayah Ma’hadal Ulum Diniyah Islamiyah Mesjid Raya Samalanga Aceh).
(Universitas Islam Malang, 2022-12-09)Peran dayah dalam proses resolusi konflik yang ditunjukkan di Aceh sangat dipengaruhi oleh pembelajaran yang dilaksanakan dalam sebuah sistem pendidikan yang melahirkan nilai-nilai pendidikan agama Islam sebagai set ... -
Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Multikultural Dalam Mengembangkan Sikap Toleran di Masyarakat, (Kajian Kasus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Balikpapan
(Universitas Islam Malang, 2024-01-16)Kota Balikpapan dengan predikat sebagai kota besar dan urban memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan kota lainnya di wilayah Provinsi Kalimantan Timur. Sebagai kota urban atau pendatang, maka sangat terbuka untuk ... -
Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Multikultural Berwawasan Wasathiyah Di Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo
(Universitas Islam Malang, 2023-10-30)Penelitian ini membahas tentang implementasi pendidikan Islam multikultural berwawasan wasathiyah di Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo dengan fokus penelitian yaitu: 1). Bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam ... -
Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Multikultural Di Smk Negeri 1 Balikpapan Dan Sma Patra Dharma Balikpapan
(Universitas Islam Malang, 2021-01-12)Struktur masyarakat kota Balikpapan yang beragam berkonsekuensi terhadap institusi pendidikan di wilayah kota ini. Begitupula keragaman yang terjadi di SMK Negeri 1 Balikpapan dan SMA Patra Dharma Balikpapan, bertalian ... -
Implementasi Nilai-Nilai Tasamuh dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Sooko dan SMKN 1 Pungging Kabupaten Mojokerto
(Universitas Islam Malang, 2019-09-24)This dissertation aims to address the problems that have been formulated, namely: What values are implementation and Implementation Model of the values contained in tasamuh in the learning process of PAI in SMAN 1 Sooko ... -
Implementasi Pendidikan Islam Multikultural Sebagai Basis Pembentukan Karakter Santri. (Studi Fenomenologi di Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang)
(Universitas Islam Malang, 2022-06-07)Pesantren Mahasiswa merupakan salah satu Lembaga Pendidikan Islam memiliki kontribusi dalam mencetak generasi muslim yang ahli ilmu agama Islam dan mengamalkannya dengan baik. Sebagai lembaga non formal, pesantren mahasiswa ... -
Inklusivisme Konsep Etika Religius dalam Komunikasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Setia Budhi Gresik dan Sekolah Dasar Negeri Sukoharjo Kediri
(Universitas Islam Malang, 2020-09-02)The concept of religious ethics in Elementary School Setia Budhi Gresik and SDN Sukoharjo is spread on all Islamic Religious Education (PAI) material. Religious ethics contains aspects of inclusivism. As an inclusive ... -
Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Multikultural (Studi Multisitus Proses Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kediri dan Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Nganjuk)
(Universitas Islam Malang, 2020-09-07)Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kediri dan Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Nganjuk adalah lembaga Pendidikan karakter multikultural dari sisi keragaman latar belakang yang dimiliki oleh pendidik, tenaga kependidikan, peserta ... -
Internalisasi Karakter Religius Berbasis Nila-Nilai Toleransi Pada Peserta Didik Di SMA Taman Harapan Malang
(Universitas Islam Malang, 2022-09-05)Fenomena intoleransi umat beragama marak terjadi, namun hal itu tidak sepenuhnya beralasan. Di kalangan pelajar, justru sebaliknya yang terjadi adalah hubungan interaksi sosial yang egaliter. SMA Taman Harapan Malang ... -
Internalisasi Nilai Islam Berbasis Budaya Lokal Dalam Mengoptimalkan Mutu Peserta Didik Sekolah Dasar Islam Terpadu Ikhtiar Makassar
(Universitas Islam Malang, 2020-10-21)Penelitian ini, bertujuan untuk menjawab permasalahan yang telah dirumuskan yaitu: Nilai budaya lokal apa saja yang diinternalisasi melalui pendidikan agama Islam dalam mengoptimalkan mutu peserta didik? Bagaimana proses ... -
Internalisasi Nilai Kesetaraan dalam Pendidikan Pesantren Mu’adalah (Studi multi situs di Tarbiyah Mu’allimin al-Islamiyah (TMI) al-Amien dan Dirasah al-Muallimin al-Islamiyah (DMI) al-Hamidy Banyuanyar)
(Universitas Islam Malang, 2020-10-21)Kerukunan masyarakat multi etnis dan agama di satu daerah selalu menarik untuk dibahas, karena dapat memberikan solusi kepada daerah sejenis yang masih berkonflik. Desertasi ini bertujuan untuk menganalisis model adaptasi ... -
Internalisasi Nilai-Nilai Multikultural Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ( Studi Etnografi di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Ngoro Kabupaten Jombang)
(Universitas Islam Malang, 2021-04-20)Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan, menganalisis dan menginterpretasikan nilai-nilai multikultural yang terdapat dalam proses pembelajaran PAI. Proses internalisasi nilai-nilai multikultural dalam proses ... -
Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Membentuk Sikap Wasathiy di Sekolah Menengah Atas Thursina Malang
(Universitas Islam Malang, 2022-08-29)Keberagaman yang ada di lembaga Thursina Malang bisa dilihat dari latar belakang asal Santri Thursina Malang, ada yang berasal dari berbagai suku dan budaya yang ada di Indonesia, mereka ada yang berasal dari Kalimantan, ... -
Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam Multikultural di Keluarga, Masyarakat dan Sekolah dalam Mewujudkan Harmoni Masyarakat Balun Turi Lamongan
(Universitas Islam Malang, 2021-02-26)Perbedaan etnis, ras, suku, bahasa dan agama adalah sesuatu keniscayaan yang bisa menjadi anugrah bila mampu dirawayat dengan baik, dan bisa menjadi musibah bila tidak mampu merawatnya. Masyarakat Balun yang harmonis adalah ... -
Kepemimpinan Pendidikan Islam Dalam Membangun Toleransi Kehidupan Beragama Di Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan
(Universitas Islam Malang, 2021-07-12)Penelitian tentang kepemimpinan pendidikan Islam dalam membangun toleransi kehidupan beragama di desa Balun penting untuk dilakukan. Karena keberagaman di masyarakat dapat menjadi berkah, namun dapat juga menjadi musibah, ... -
Kompetensi Kepemimpinan Guru Agama Dalam Pengembangan Pendidikan Islam Multikultural di SDN Sedati 1 dan SDN Ngoro 2 Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto
(Universitas Islam Malang, 2022-08-30)Sekolah Dasar Negeri Sedati 1 dan Sekolah Dasar Negeri Ngoro 2 merupakan sekolah dasar yang berada di sekitar kawasan Ngoro Industrial Park NIP), kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto. Lembaga pendidikan formal Sekolah Dasar ... -
Konstruksi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Multikultural Pada Komunitas Syiah Sampang Di Jemundo Sidoarjo
(Universitas Islam Malang, 2021-05-25)Penelitian ini membahas tentang konstruksi nilai-nilai pendidikan Islam multikultural pada komunitas pengungsi Syiah Sampang di Jemundo Sidoarjo. Komunitas ini unik dan menarik setidaknya atas dua hal. Pertama, ... -
Konstruksi Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multiagama di SMKN 3 Kabupaten Pamekasan
(Universitas Islam Malang, 2020-06-23)Dalam konteks pendidikan agama, paradigma multikultural perlu menjadi landasan utama penyelenggaraan proses belajar-mengajar. Adanya fakta bahwa terdapat batasan-batasan kultural yang kaku mengenai etnik dan budaya di ...