dc.description.abstract | Jembatan merupakan kontruksi yang berfungsi untuk penghubung antara dua tempat yang terpisah dan juga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang selalu meningkat di wilayah Kota Surabaya, sehingga perlu perencanaan pembangunan Jembatan Joyoboyo sebagai alternatif lain keluar masuk Kota Surabaya. Jembatan ini di bangun dengan bentang terpanjang 24,8 m dengan lebar 17 m.
Dalam tugas akhir struktur jembatan menggunakan alternatif metode komposit. Dimensi plat lantai kendaraan : 1273,747 kg/m, berat sendiri gelagar : 1321,155 kg/m, beban hidup : 2430 kg/m, beban garis “P” : 12348 kg, beban angin : 1590,232 kg/m, akibat gaya rem, 2756,5 kg. Perencanaan dimensi tulangan lantai kendaraan menggunkan tebal plat 20 cm, tulangan arah melintang di pakai tulangan rangkap D16-150, tulangan arah memanjang D12-250. Dimensi Gelagar tinggi 168 cm, lebar flens atas bawah 60 cm, tebal badan flens 3 cm, dan tebal Flens 9 cm. Perencanaan abutmen (pilecap) di peroleh tinggi 2,85 m, depan lebar bawah 8,4 m, lebar atas 6,4 m. Pondasi yang di gunakan adalah pondasi tiang pancang dengan kedalama 15,40 cm dengan dimensi pokok 18 D22, tulangan geser spiral D12. Jumlah pondasi 24 buah.
Kata Kunci : Jembatan Joyoboyo Kota Surabaya, Plat Girder, Komposit, Tiang Pancang | en_US |