dc.description.abstract | Pembangunan jalan tol merupakan salah satu sarana untuk mempermudah trasportasi di suatu pulau. Proyek tol serpong – balaraja merupakan salah satunya di mana terbentang sepanjang 31,000 kilometer dengan diklasifikasikan seksi I hingga seksi V dan menghubungkan anatar kota. Jembatan ini direncakan dengan bentang terpanjang 42 meter dan lebar 32 meter. Dalam penyusunan tugas akhir ini menggunakan alternatif perencanaan komposit. Dari hasil perencanannya didapat dimensi pelat lantai kendaraan : 1990,1 kg/m, beban sendiri gelagar : 1321,155 kg/m, beban hidup : 2775,6 kg/m, beban garis “P” : 12348 kg, beban angin : 255,406 kg/m, sebab gaya rem, 4164,25 kg. Dimensi tulangan lantai kendaraan menggunakan mutu beton fc’ = 30 Mpa dengan tebal plat beton: 0,20 m, dan menggunakan tulangan rangkap D14 - 100 mm. Dimensi Gelagar tinggi 168 cm, lebar flens atas bawah 60 cm, tebal badan flens 3 cm, dan tebal Flens 9 cm. Perencanaan abutmen (pilar) dengan tinggi 11,25 m, panjang pilar sesuai dengan lebar jembatan yaitu 32 m di bagi 4 bagian dengan panjang 8 m dalam satu pilar, lebar bagian bawah pilar 8 m, dan lebar bagian atas pilar 4,8 m. Pondasi yang dipakai adalah pondasi tiang pancang dengan kedalaman 15 meter, diameter luar 50 cm, diameter 159 dalam 42 cm. jumlah pondasi total adalah 64 buah, dengan pembagian di setiap pilar sebanyak 16 buah. Dipakai tulangan pokok sebesar 12D19 dan tulangan spiral sebesar D19–200.
Kata Kunci : Jembatan Jalan Tol, Plate Girder, Komposit, Tiang Pancang. | en_US |