dc.description.abstract | Jembatan Bongkot merupakan jalan alternatif ke arah Jombang dan arah menuju Surabaya. Lokasi jembatan berada di desa Bongkot, kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang. Sejalan pertumbuhan arus kendaraan yang melewati jembatan tidak sebanding dengan prasarana yang ada. Jembatan tersebut difungsikan untuk dua jalur ke arah yang berlawanan dengan menggunakan gelagar pratekan dengan bentang 50 m dan lebar 6 m. Pada tugas akhir ini dilakukan perencanaan ulang dengan menggunakan sistem rangka baja. Dalam merencanakan jembatan sistem rangka baja ini menggunakan acuan standart perencanaan yaitu SNI 1725:2016. Analisis perhitungan struktur rangka baja Jembatan Bongkot menggunakan pemodelan struktur 2D dengan aplikasi SAP 2000 14. Hasil perencanaan penulangan plat kendaraan dan trotoar menggunakan tulangan rangkap D19-150 mm. Rangka baja menggunakan mutu baja BJ-55 dengan fy 410 Mpa. Pada gelagar memanjang, melintang dan induk menggunakan profil WF 350 x 1175 x 6 x 9, 700 x 300 x 13 x 20 dan 350 x 350 x 16 x 16. Untuk sambungan gelagar memanjang dan melintang menggunakan baut Ø5/8 inchi dan gelagar induk dengan gelagar melintang menggunakan baut Ø ¾ inchi. Untuk perencanaan abutment dibagi tiga bagian penulangan bagian I dipakai D29-100 mm, II : D19-125 mm dan III : D28-250 mm. Untuk pondasi menggunakan pondasi tiang pancang Ø50 cm, sedangkan kedalaman 13,8 meter, menggunakan tulangan pokok 10 D12 dengan tulangan geser Ø 12-50 mm.
Kata Kunci : Rangka Baja, WF, Abutment | en_US |