Show simple item record

dc.contributor.authorJupri
dc.date.accessioned2022-03-28T03:38:03Z
dc.date.available2022-03-28T03:38:03Z
dc.date.issued2021-02-12
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3442
dc.description.abstractMasalah mendasar yang menjadi perhatian pada guru kelas III SDN Bakalankrajan II pada pembelajaran Bahasa Indonesia adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menulis karangan. Hal tersebut ditandai antara lain oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menemukan ide yang akan dituliskannya ke dalam bentuk karangan sehingga karangan yang ditulis hanya seadanya, hanya terdiri atas 4-5 kalimat. Berdasarkan hasil observasi diketahui, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan ketika mengarang. Kesulitan itu antara lain: (1) Kurang dapat memunculkan atau mengungkapkan ide dan kemudian menuangkannya ke dalam bentuk karangan, (2) Kurang dapat menggunakan dan memilih kata dalam menuangkan buah pikirnya, (3) Kurang dapat merangkai kata-kata menjadi kalimat dan menyusunnya ke dalam karangan yang utuh, (4) Isi kalimat relatif tidak menggambarkan topik, (5) Kalimat yang satu dengan kalimat yang lain tidak berkesinambungan, paragraf yang satu dengan paragraf yang lain tidak koheren, (6) Kurang memperhatikan ejaan dan tanda baca dalam karangan. Ada dua masalah yang menjadi fokus penelitian, yaitu: (1) Bagaimanakah penggunaan media kartun strip dapat meningkatkan proses beajar menulis karangan siswa kelas III SDN Bakalankrajan II?, (2) Bagaimanakah penggunaan media kartun strip dapat meningkatkan hasil belajar menulis karangan siswa kelas III SDN Bakalankrajan II? Sedangkan tujuan dari penelitiaan ini adalah: (1) Mendeskripsikan penggunaan media kartun strip dalam meningkatkan proses belajar menulis karangan siswa kelas III SDN Bakalankrajan II, (2) Mendeskripsikan penggunaan media kartun strip dalam meningkatkan hasil belajar menulis karangan siswa kelas III SDN Bakalankrajan II. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Prosedur pelaksanaan penelitian ini diawali dengan studi pendahuluan dan pencarian data. Selanjutnya, dilakukan prosedur-prosedur: (1) Penyusunan perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Rengamatan, (4) refleksi. Tahap kegiatan yang dilakukan dalam penelitian ini Pertama, peneliti melakukan kajian pustaka. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mendapatkan deskripsi teori, menemukan masalah penelitian menjadi rumusan operasional. Kedua, mengumpulkan data. Untuk mendapatkan data, peneliti menggunakan instrumeninstrumen pengumpul data. Ketiga, peneliti melakukan analisis data dengan melakukan kegiatan: (1) Telaah data, (2) Reduksi data, (2) Penyajian data, (3) Analisis data, dan (5) Interpretasi data dan (6) Verifikasi data (penarikan kesimpulan). Data diperoleh melalui (1) Observasi, (2) Catatan lapangan, (3) Dokumen, (4) Wawancara. Lokasi penelitian di SDN Bakalankrajan II yang berlokasi di Jl. Pelabuhan Ketapang I/ No. 1 Malang. Kelas yang digunakan sebagai subjek penelitian adalah kelas III. Penggunaan media kartun strip dalam meningkatkan proses belajar menulis karangan siswa kelas III SDN Bakalankrajan II Malang dilakukan melalui tahapan kegiatan pembelajaran kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup pada pertemuan ke-1 dan pertemuan ke-2 pada siklus I dan siklus II. Pada pertemuan ke-1 siklus I, kartun strip dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat kata berdasarkan gambar dan membuat kalimat menggunakan kata yang telah dibuat. Pada pertemuan ke-2, kartun strip dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun kalimat menjadi sebuah paragraf. Pada siklus II pertemuan ke-1, kartun strip sebagai media dapat meningkatkan kemampuan siswa menyusun karangan yang utuh. Pada siklus II pertemuan ke-2 guru menggunakan kartun strip sebagai media acuan siswa untuk membuat karangan utuh hasil dari pengembangan setelah melihat gambar. Hal tersebut dapat meningkatkan proses belajar siswa dalam menulis karangan utuh. Beberapa kegiatan tersebut diawali dengan penyusunan perencanaan yang matang di setiap siklus. Pada setiap siklus dilakukan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penggunaan media kartun strip terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis karangan. Pada siklus I pertemuan ke-1 nilai rata-rata kemampuan siswa menulis karangan mencapai 76,5. Pada pertemuan ke-2 menurun menjadi 66,8. Pada siklus II pertemuan ke-1 nilai rata-rata kemampuan siswa dalam menulis karangan mencapai 80,3 sedangkan pada pertemuan ke-2 nilai rata-rata kemampuan siswa dalam menulis karangan meningkat menjadi 88.9. Selain itu aktivitas belajar, kreativitas, interaksi dan rasa senang siswa dalam belajar juga mengalami peningkatan di setiap siklusnya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectMedia Kartun Stripen_US
dc.subjectPeningkatanen_US
dc.titlePenggunaan Media Kartun Strip untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan pada Siswa Kelas III SDN Bakalankrajan II Malangen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record