dc.description.abstract | Landasan pacu atau runway merupakan area yang digunakan pesawat terbang untuk melakukan lepas landas dan pendaratan. Permasalahannya terjadi adanya penambahan pesawat dengan tipe B737-800NG sehingga diperlukan adanya pengembangan landasan pacu atau runway agar dapat mendaratkan pesawat tipe B737-800NG. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil perhitungan tebal lapisan perkerasan kaku runway, menghitung pembebanan pesawat, menghitung debit rancangan, dan menghitung dimensi saluran drainase. Perencanaan perkerasan kaku runway menggunakan metode FAA dan perencanaan drainasenya menggunakan metode RAPS. perhitungan pembebanan pesawat didapatkan beban roda pendaratan sebesar 11,167 kg dengan pesawat rencana tipe B737-800NG. Dalam perhitungan perkerasan didapatkan hasil slab beton 36 cm dengan diameter Dowel 30 mm, panjang 51 cm dan jarak 35 cm dan diameter tulangan melintang besi Ø30 jarak 380 mm. dan Untuk perhitungan debit rancangan dan dimensi saluran drainasenya didapatkan debit rancangan 3,296 m2/detik, sedangan dimensi saluran didapat h = 1 m, b = 1 m dan w = 30 cm.
Kata kunci: Perkerasan Kaku, FAA, Bandar Udara Oesman Sadik, Perkerasan Bandara. | en_US |