Show simple item record

dc.contributor.authorAljokja, Aldi
dc.date.accessioned2022-04-08T03:45:48Z
dc.date.available2022-04-08T03:45:48Z
dc.date.issued2022-01-22
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3566
dc.description.abstractLandasan pacu atau runway merupakan area yang digunakan pesawat terbang untuk melakukan lepas landas dan pendaratan. Permasalahannya terjadi adanya penambahan pesawat dengan tipe B737-800NG sehingga diperlukan adanya pengembangan landasan pacu atau runway agar dapat mendaratkan pesawat tipe B737-800NG. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil perhitungan tebal lapisan perkerasan kaku runway, menghitung pembebanan pesawat, menghitung debit rancangan, dan menghitung dimensi saluran drainase. Perencanaan perkerasan kaku runway menggunakan metode FAA dan perencanaan drainasenya menggunakan metode RAPS. perhitungan pembebanan pesawat didapatkan beban roda pendaratan sebesar 11,167 kg dengan pesawat rencana tipe B737-800NG. Dalam perhitungan perkerasan didapatkan hasil slab beton 36 cm dengan diameter Dowel 30 mm, panjang 51 cm dan jarak 35 cm dan diameter tulangan melintang besi Ø30 jarak 380 mm. dan Untuk perhitungan debit rancangan dan dimensi saluran drainasenya didapatkan debit rancangan 3,296 m2/detik, sedangan dimensi saluran didapat h = 1 m, b = 1 m dan w = 30 cm. Kata kunci: Perkerasan Kaku, FAA, Bandar Udara Oesman Sadik, Perkerasan Bandara.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectTekniken_US
dc.subjectTeknik Sipilen_US
dc.subjectPerkerasan Kakuen_US
dc.subjectFAAen_US
dc.subjectBandar Udara Oesman Sadiken_US
dc.subjectPerkerasan Bandaraen_US
dc.titleStudi Perencanaan Tebal Lapisan Perkerasan Landasan Pacu Bandara Udara Oesman Sadik Kabupaten Halmahera Selatanen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record