Show simple item record

dc.contributor.authorFithriyah, Masnabilah
dc.date.accessioned2022-04-09T02:26:31Z
dc.date.available2022-04-09T02:26:31Z
dc.date.issued2021-09-14
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3576
dc.description.abstractPendahuluan: Keberhasilan pembelajaran daring dipengaruhi faktor eksternal dan internal seperti kesiapan dan kepuasan mahasiswa yang berpengaruh pada performa akademik. Evaluasi pembelajaran daring di FK UNISMA masih belum ada sehingga dilakukan penelitian untuk menilai tingkat kesiapan dan kepuasan mahasiswa pada pembelajaran daring serta pengaruhnya terhadap performa akademik mahasiswa pre-klinik di FK UNISMA. Metode: Studi deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional dengan responden mahasiswa FK UNISMA sejumlah 248 mahasiswa. Penilaian kesiapan belajar diukur dengan kuisioner E-learning Readiness sedangkan kepuasan diukur menggunakan kuisioner Service and Quality for E-learning. Performa akademik mahasiswa didapatkan dari bagian akademik. Data dianalisa statistik dengan SPSS versi 20.0.0 dan p < 0.05 dianggap signifikan. Hasil: Tingkat kesiapan mahasiswa secara keseluruhan adalah siap dan butuh sedikit perbaikan (3,68). Tingkat kepuasan mahasiswa pada pembelajaran daring adalah rendah (rata-rata harapan=6,25 > kenyataan=5,64). Hasil uji regresi Robust didapatkan nilai standardized coefficient pada variabel kesiapan sebesar 0,400 sedangkan variabel kepuasan sebesar 0,309. Berdasarkan nilai signifikansi pada setiap variabel menunjukkan bahwa kesiapan dan kepuasan mahasiswa pada pembelajaran daring berpengaruh terhadap performa akademik mahasiswa. Didapatkan korelasi kuat antara kesiapan mahasiswa pada pembelajaran daring dengan performa akademik (nilai p=0,000; r= 0,441), sementara didaparkan korelasi lemah antara kepuasan mahasiswa pada pembelajaran daring dengan performa akademik (nilai p=0,000; r= 0,335). Simpulan: Kesiapan dan kepuasan mahasiswa berpengaruh dan berhubungan dengan performa akademik mahasiswa. Kata Kunci: Performa akademik, kesiapan mahasiswa, kepuasan mahasiswa, pembelajaran daring. en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPerforma akademiken_US
dc.subjectkesiapan mahasiswaen_US
dc.subjectkepuasan mahasiswaen_US
dc.subjectpembelajaran daringen_US
dc.titlePengaruh Kesiapan dan Kepuasan Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring Terhadap Performa Akademik Mahasiswa Pre-Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record