Show simple item record

dc.contributor.authorRosadah, Eka
dc.date.accessioned2022-05-23T04:30:49Z
dc.date.available2022-05-23T04:30:49Z
dc.date.issued2021-07-12
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3703
dc.description.abstractSeiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang makin pesat seperti kondisi pada saat ini, proses pembelajaran tidak hanya melalui pembelajaran yang dilakukan melalui tatap muka saja. Akan tetapi pembelajaran dilakukan dengan mengunakan media audio visual karena dirasa dapat memudahkan proses pembelajaran pengenalan bacaan dan gerakan shalat pada peserta didik. Dalam pelaksanaan pengenalan shalat, guru mengenalan bacaan dan gerakan shalat yaitu gerakan takbir, ruku, dan sujud adapuan bacaan yang dikenalkan pada peserta didik yaitu bacaan takbir, iftitah, tasbih dan surat-surat pendek, guru masih konvensional dalam pengenalan bacaan dan gerakan shalat. Guru menggunakan metode demonstrasi dalam pengenalan bacaan dan gerakan shalat dan media yang digunakan pada pengenalan bacaan dan gerakan shalat merupakan media audio visual. Berdasarkan konteks penelitian maka peneliti merumsukan fokus penelitian, yaitu tentang (1) Bagaimana kemampuan bacaan dan gerakan shalat siswa RA Syihabuddin Landungsari Malang? (2) Bagaimana pelaksanaan penggunaan video untuk pembelajaran pengenalan bacaan dan gerakan shalat di RA Syihabuddin Landungsari Malang? (3) Apa kendala penggunaan video dalam pembembelajaran pengenalan bacaan dan gerakan shalat pada siswa RA Syihabuddin landungsari Malang? Tujuan penelitian ini adalah (1). Untuk mengetahui kemampuan bacaan dan gerakan shalat siswa RA Syihabuddin Landungsari Malang. (2). Untuk mengetahui pelaksanaan penggunaan video untuk pembelajaran pengenalan bacaan dan gerakan shalat di RA Syihabuddin Landungsari Malang. (3). Untuk mengetahui kendala penggunaan video dalam pembelajaran pengenalan bacaan dan gerakan shalat di RA Syihabuddin Landungsari Malang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunkan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Kehadiran peneliti sebagai instrumen kunci. Penelitian ini menggunakan sumber data, yaitu kepala sekolah, guru kurikulum, guru wali kelas, dan orang tua. Taknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang dilakukan menggunkan model Djamal yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunkan uji kredibilitas dan uji confirmability. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti dapat mengambil kesimpulan tentang Penggunaan Media Audio Visual dalam Pengenalan Bacaan dan Gerakan Shalat di RA Syihabuddin Landungsari Malang sebagi berikut: (1) Kemampuan Bacaan dan Gerakan Shalat Siswa RA Syihabuddin Landungsari Malang. Kemamampuan siswa terhadap bacaan dan gerakan shalat di RA Syihabuddin Malang. Kemampuan siswa RA A sangat bermacam- macam karena pada usai 4-5 tahun anak belum begitu paham, msekipun siswa sudah dibiasakan melakukan shalat. Akan tetapi untuk siswa RA B hampir semua siswa sudah mampu melakukan bacaan dan gerakan shalat, meskupun tidak begitu sempurna tetapi siswa sudah bisa menempatkan bacaan dan gerakan shalat secara berurutan (2). Proses Pelaksanaan Penggunaan Video untuk Pembelajarn Pengenalan Bacaan dan Gerakan Shalat di RA Syihabuddin Landungsari Malang. Proses yang dilakukan oleh guru RA Syihabuddin dalam penggunaan video adalah sebagai berikut: pertama, guru meperkenalkan bacaan dan gerakan shalat di dalam video handphone. Kedua, guru mengirimkan video pengenalan bacaan dan gerakan shalat melalui whatsapp grub kelas. Ketiga, siswa dimintak untuk memplajari dan mengenal bacaan dan gerakan shalat yang diberikan oleh guru yang dikirim di whatsapp grub kelas. Keempat, siswa dimintak untuk mengirimkan tugas shalat berjama’ah dengan mengirimkan bukti foto melalui whatsapp grub kelas, agar guru dapat mengevaluasi siswa dengan bukti foto yang dikumpulkan melalui whatsapp grub kelas. (3). Kendala Penggunaan Video dalam Pembelajaran Pengenalan Bacaan dan Gerakan Shalat pada Siswa RA Syihabuddin Landungsari Malang. Kendala yang dialami oleh pendidik dan siswa RA Syihabuddin Landungsari Malang sebagai berikut: a. Siswa kurang fokus dalam belajar dan jenuh melihat pembelajaran melalui daring. b. Guru kurang mampu mengenalkan gerakan shalat secara sempurna. c. Kurangnya handphone, data seluler, dan wifi yang memadai. d. Kurang aktif orang tua dalam menggumpulkan tugas anaknya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectMediaen_US
dc.subjectGerakan Shalaten_US
dc.titlePenggunaan Media Audio Visual dalam Pengenalan Bacaan dan Gerakan Shalat di RA Syihabuddin Landungsari Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record