dc.description.abstract | Ruas jalan merupakan salah satu hal yang selalu beriringan dengan tuntutan kebutuhan manusia, tuntutan perkembangan jaman dan kemajuan teknologi serta berkembangnya pemikiran manusia sebagai pengguna jalan itu sendiri. Jalan adalah prasarana transportasi darat yang meliputi segala bagian jalan, termasuk bangunan pelengkap dan perlengkapannya yang diperuntukkan bagi lalu lintas, yang berada pada permukaan tanah, di atas permukaan tanah, di bawah permukaan tanah dan/atau air, serta di atas permukaan air, kecuali jalan kereta api, jalan lori, dan jalan kabel. Terjadinya penambahan volume lalu lintas jalan telah mengakibatkan kemacetan lalu lintas pada ruas jalan Sumatera – Dr. Soetomo Kota Madiun Kemacetan lalu lintas terjadi karena pergerakan kendaraa dan perilaku ketidakdisiplinan para penyeberang jalan, dan adanya angkutan umum yang berhenti menunggu penumpang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dampak lalu lintas, volume kendaraan, derajat kejenuhan dan Tingkat pelayanan Level of Service (LOS). Hasil Analisa pada penelitian didapatkan volume puncak kendaraan pada Jalan Sumatera 398 Skr/jam, pada Jalan Dr. Soetomo 1.486,2 Skr/jam, kemudian volume pada kendaraan pada Jalan Sumatera Q = 105.552 skr/jam, Pada Jalan Dr. Soetomo Q = 1955.601 skr/jam. Dan kapasitas ruas Jalan Sumatera C = 6118,78 skr/jam, pada Jalan Dr. Soetomo C = 4960,824 skr/jam, dan derajat kejenuhan pada Jalan Sumatera DJ=0,01 skr/jam, pada Jalan Dr. Soetomo DJ = 0,39 skr/jam, kemudian Tingkat pelayanan Level of Service (LOS) pada Jalan Sumatra VCR = 0,01 skr/jam (temasuk kategori tingkat pelayanan A) hal 39, Pada Jalan Dr. Soetomo VCR = 0,39 skr/jam (termasuk kategori tingkat pelayanan B) hal 39.
Kata Kunci : Dampak Lalu lintas, Kota Madiun, Level of Service (LOS), Ruas Jalan Sumatra – Dr.Soetomo | en_US |