Show simple item record

dc.contributor.authorAndriana, Dilya Intan
dc.date.accessioned2022-06-30T03:51:46Z
dc.date.available2022-06-30T03:51:46Z
dc.date.issued2021-07-07
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3884
dc.description.abstractDalam pembelajaran matematika pemecahan masalah merupakan kemampuan yang penting yang harus dimiliki pesertadidik. Rendahnya tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika pada peserta didik salah satunya dipengaruhi oleh metode pembelajaran yang diterapkan. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah kolaborasi dari metode pembelajaran cooperative script dan multiple solution task. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan kolaborasi metode pembelajaran cooperative script dan multiple solution task untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi SPLDV kelas VIII MTs Al-Ma’arif 02 Singosari. Dalam penerapan kolaborasi metode pembelajaran cooperative script dan multiple solution task, hasil belajar siswa dapat mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi kegiatan guru dalam proses kegiatan guru baik dalam siklus I dan II dimana terjadi peningkatan persentase ketuntasan tindakan yakni dari 82,85% menjadi 94,28% dengan kriteria sangat baik. Dilihat dari hasil observasi kegiatan siswa siklus I yang masih tergolong baik dengan keberhasilan tindakan 79,31% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase keberhasilan tindakan menjadi 87,92% yang tergolong dalam kriteria sangat baik Dan dilihat pada tes akhir siklus II dimana siswa ada peningkatan dari hasil tes akhir siklus I semua persentase ketuntasan belajar siswa. Peningkatan rata-ratanya yaitu siklus I 64,74%menjadi 88,26%. disiklus II dan belajar pun ada peningkatan yakni dari 22 siswa menjadi 30 siswa pada siklus II. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi metode pembelajaran cooperative script dan multiple solution task termasuk metode pembelajaran yang membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa terhadap materi SPLDV. Jadi, dengan penelitian ini, penerapan kolaborasi metode pembelajaran cooperative script dan multiple solution task bisa meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII MTs Al Ma’arif 02 Singosari tahun ajaran 2018/2019 pada materi SPLDV. Kata-kata kunci: Metode Pembelajaran Cooperative Script, Metode Pembelajaran Multiple Solution Task, Kemampuan Pemecahan Masalah.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Matematikaen_US
dc.subjectMetode Pembelajaran Cooperative Scripten_US
dc.subjectMetode Pembelajaran Multiple Solution Tasken_US
dc.subjectKemampuan Pemecahan Masalahen_US
dc.titlePenerapan Kolaborasi Metode Pembelajaran Cooperative Script dan Multiple Solution Task untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi SPLDV Kelas VIII MTs Al-Ma’arif 02 Singosarien_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record