Show simple item record

dc.contributor.authorParamita, Yuli
dc.date.accessioned2022-06-30T05:20:42Z
dc.date.available2022-06-30T05:20:42Z
dc.date.issued2021-12-18
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3912
dc.description.abstractKemampuan berpikir kreatif matematis merupakan kemampuan peserta didik untuk menemukan dan mengungkapkan ide atau gagasan baru dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Kemampuan berpikir kreatif matematis sangat penting dan harus dimiliki setiap peserta didik, hal tersebut akan mempermudah peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran matematika di sekolah. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik, salah satunya minat belajar. Minat belajar merupakan sikap yang menunjukkan keinginan, ketertarikan, dan kemauan seseorang dalam melaksanakan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik ditinjau dari minat belajar kategori tinggi pada soal-soal open ended materi peluang peserta didik kelas VIII SMPN Satu Atap 1 Seruyan Raya, 2) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik ditinjau dari minat belajar kategori sedang pada soal-soal open ended materi peluang peserta didik kelas VIII SMPN Satu Atap 1 Seruyan Raya, dan 3) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik ditinjau dari minat belajar kategori rendah pada soal-soal open ended materi peluang peserta didik kelas VIII SMPN Satu Atap 1 Seruyan Raya. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN Satu Atap 1 Seruyan Raya yang berjumlah 31 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan wawancara. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman angket, soal tes, dan pedoman wawancara. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi teknik yaitu membanding data hasil tes dengan hasil wawancara dan diketahui semua datanya absah (valid). Subjek penelitian pada penelitian ini berjumlah 3 peserta didik yang dipilih berdasarkan hasil angket minat belajar dengan masing-masing satu subjek untuk kategori tinggi, sedang, dan rendah. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian ini, diperoleh kesimpulan yaitu sebagai berikut: 1) kemampuan berpikir kreatif matematis subjek ke-1 (JS) yang memiliki minat belajar tinggi dikategorikan kreatif karena berdasarkan hasil tes pada soal-soal open ended materi peluang, subjek JS memperoleh skor 76 dan berada pada rentang skor 76%, 2) kemampuan berpikir kreatif matematis subjek ke-2 (SAW) yang memiliki minat belajar sedang dikategorikan cukup kreatif karena berdasarkan hasil tes pada soal-soal open ended materi peluang, subjek SAW memperoleh skor 53 dan berada pada rentang skor 53%, 3) kemampuan berpikir kreatif matematis subjek ke-3 (HA) yang memiliki minat belajar rendah dikategorikan tidak kreatif karena berdasarkan hasil tes pada soal-soal open ended materi peluang, subjek HA memperoleh skor 31 dan berada pada rentang skor 31%. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Minat Belajar, Soal-soal Open Endeden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Matematikaen_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Kreatif Matematisen_US
dc.subjectMinat Belajaren_US
dc.subjectSoal-soal Open Endeden_US
dc.titleAnalisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau dari Minat Belajar pada Soal-soal Open Ended Materi Peluang Peserta Didik Kelas VIII SMPN Satu Atap 1 Seruyan Raya Kalimantan Tengahen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record