dc.description.abstract | Pembelajaran model guided inquiry perlu dikembangkan untuk mengatasi rendahnya hasil TIMSS (Trends in International Mathematics and Science Study) di Indonesia. Oleh karena itu, pendidik harus lebih mempersiapkan proses pembelajaran secara optimal dengan menggunakan strategi serta metode yang melibatkan peserta didik untuk membantu memahami konsep dengan jelas. Dengan menggunakan model guided inquiry, peserta didik menjadi termotivasi dalam proses pembelajaran serta dapat meningkatkan kemampuan matematisnya.
Tujuan penelitian ini untuk: 1) mendeskripsikan proses pengembangan model pembelajaran Guided Inquiry dengan menggunakan media Matlab pada materi statistika peserta didik kelas VIII SMPN 3 BATU, 2) mendeskripsikan hasil pengembangan model pembelajaran Guided Inquiry dengan menggunakan media Matlab pada materi statistika peserta didik kelas VIII SMPN 3 BATU, 3) mendeskripsikan hasil uji coba produk pengembangan model pembelajaran Guided Inquiry dengan menggunakan media Matlab pada materi statistika peserta didik kelas VIII SMPN 3 BATU.
Model yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D), dengan menggunakan model prosedural 4D dengan 4 tahap yaitu Define (pendefinisian), Design (perencanaan), Development (pengembangan) dan Dissemination (penyebaran). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Batu. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari saran serta masukan dari para ahli. Pada data kuantitatif merupakan skor yang diperoleh dari hasil angket para ahli, pendidik, dan peserta didik.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) pada proses pengembangan dengan menggunakan model 4D pada tahap define dilakukan analisis ujung depan, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep serta perumusan tujuan. Pada hasil ujung depan diperoleh 75% pada angket kebutuhan pendidik dan 73,75% pada angket kebutuhan peserta didik sehingga disimpulkan cukup membutuhkan model yang dikembangkan; tahap design yang berisikan tentang pemilihan serta penyusunan buku model, penyusunan sistematika materi pada buku model, pengaplikasian model dengan media matlab, dan penyusunan instrumen validasi serta angket penilaian produk; tahap development terdiri dari langkah-langkah proses pembuatan produk buku serta dilakukan validasi ahli, jika dinyatakan valid maka buku dapat diujicobakan pada pendidik dan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Batu; Tahap Dissemination dilakukan penyebaran buku model pada seorang pendidik matematika serta penyebaran LKPD buku model pada peserta didik di SMP Negeri 3 Batu. 2) Pada hasil pengembangan berisikan bagian pembuka yang terdiri dari cover depan, cover dalam, kata pengantar daftar isi, daftar gambar, dan petunjuk penggunaan buku; bagian inti terdiri dari Bab 1 berisikan latar belakang, Bab 2 berisikan landasan teori, Bab 3 pengembangan model yang berisikan komponen-komponen yang dikembangkan dan Bab 4 merupakan implementasi model yang berisikan aplikasi model serta media pada RPP dan LKPD; bagian penutup terdiri dari penutup buku dan daftar pustaka. 3) Pada hasil uji coba diperoleh: hasil uji coba produk validasi ahli dan praktisi diperoleh rata-rata keseluruhan 3,34 berdasarkan kriteria kevalidan, maka dapat disimpulkan produk valid dan dapat digunakan; hasil uji coba produk user diperoleh rata-rata keseluruhan 3,29 berdasarkan kriteria kevalidan, sehingga dapat disimpulkan buku model dinyatakan valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah.
Kata Kunci: Guided Inquiry, Matlab, Statistika | en_US |