dc.description.abstract | Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik. Kemampuan berpikir kreatif akan membantu peserta didik untuk berpikir kreatif dalam menyelesaikan permasalahan matematika maupun permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Setiap peserta didik memliki kemampuan berpikir kreatif yang berbeda-beda. Hal ini dapat terjadi karena dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah self confidence. Oleh karena itu, self confidence dalam diri peserta didik harus diperhatikan khususnya dalam pembelajaran matematika agar kemampuan berpikir kreatif matematis yang dimiliki peserta didik dapat berkembang menjadi lebih baik.
Tujuan dalam penelitian ini meliputi: (1) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang memiliki self confidence tinggi pada materi peluang peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Arjasa; (2) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang memiliki self confidence sedang pada materi peluang peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Arjasa; (3) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang memiliki self confidence rendah pada materi peluang peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Arjasa. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Arjasa dengan subjek penelitian sebanyak 6 peserta didik yang dipilih berdasarkan klasifikasi tingkat self confidencenya. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan wawancara. Selain itu, analisis data dilakukan melalui 3 tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: (1) peserta didik yang memiliki self confidence tinggi mampu memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kreatif matematis pada materi peluang, sehingga dapat disimpulkan bahwa peserta didik kategori self confidence tinggi memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis yang sangat baik; (2) peserta didik yang memiliki self confidence sedang mampu memenuhi tiga indikator kemampuan berpikir kreatif matematis pada materi peluang, sehingga dapat disimpulkan bahwa peserta didik kategori self confidence sedang memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis yang baik; (3) peserta didik yang memiliki self confidence rendah mampu memenuhi dua indikator kemampuan berpikir kreatif matematis pada materi peluang, sehingga dapat disimpulkan bahwa peserta didik kategori self confidence rendah memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis yang cukup baik. Adapun rekomendasi dalam penelitian ini antara lain: (1) Berdasarkan hasil klarifikasi angket self confidence peserta didik, guru diharapkan untuk mengembangkan kegiatan pembelajaran yang lebih sesuai untuk meningkatkan kemampuan peserta didik; (2) Perlu adanya penelitian lebih lanjut mengenai kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari self confidence pada materi yang berbeda maupun pada jenjang lain.
Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kreatif, Self Confidence, Peluang. | en_US |