Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Self Confidence pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Negeri 1 Wanokaka
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu dari kemampuan matematis lainnya yang harus dikuasai oleh siswa, khususnya siswa jenjang sekolah menengah. Pemecahan masalah matematis merupakan proses untuk mencari jalan keluar dari masalah matematika sampai menemukan penyelesaian atau kesimpulan yang telah diuji kebenarannya. Hal ini dapat terjadi karena dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah self conf`indence. Self Confidence (kepercayaan diri) merupakan kemampuan yang sangat penting dimiliki setiap siswa karena akan menjadikan siswa lebih percaya diri dalam menyelesaikan suatu permasalahan dalam belajar matematika.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk Mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari tingkat Self Confidence tinggi pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMP Negeri 1 Wanokaka, (2) Mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari tingkat Self Confidence sedang pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMP Negeri 1 Wanokaka, (3) Mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematies siswa ditinjau dari tingkat Self Confidence rendah pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMP Negeri 1 Wanokaka. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Wanokaka dengan subjek penelitian sebanyak 6 siswa yang dipilih berdasarkan klasifikasi tingkat self confidence. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan wawancara. Sedangkan, analisis data dilakukan melalui 3 tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: 1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memiliki self confidence tinggi dapat memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah matematis, yaitu a) siswa mampu memahami masalah matematis, b) siswa mampu membuat rencana pemecahan, c) siswa mampu melaksanakan rencana, dan d) siswa mampu memeriksa kembali pemecahan yang telah didapatkan. 2)Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memiliki self confidence sedang hanya mampu memenuhi tiga indikator kemampuan pemecahan masalah matematis, yaitu a) memahami masalah matematis, b) membuat rencana pemecahan, dan c) melaksanakan rencana. 3)Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memiliki self confidence rendah belum mampu memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah matematis. Saran bagi pendidik diharapkan untuk dapat menciptakan pembelajaran yang menarik, interaktif, dan berkesan yang dapat membantu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa khususnya dalam pelajaran matematika, bagi siswa yaitu disarankan untuk dapat meningkatkan self confidence agar kemmapuan pemecahan masalah matematis dalam diri siswa dapat berkembang dengan sangat baik pada pelajaran matematika dan bagi peneliti yaitu disarankan untuk melakukan penelitian lanjutan terkait kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan self confidence siswa pada materi dan jenjang yang berbeda.
Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Self Confidence, SPLDV.