Show simple item record

dc.contributor.authorZumaroh, Lilik Amiati
dc.date.accessioned2022-07-01T03:15:11Z
dc.date.available2022-07-01T03:15:11Z
dc.date.issued2021-09-30
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3965
dc.description.abstractTesis ini untuk mengetahui hasil pemanfaatan media online sebagai sarana pembelajaran PAI. Kegiatan pembelajaran telah beralih dari sistem penyampaian bahan pengajaran dengan metode ceramah diganti dengan menggunakan media pembelajaran secara virtual. Pembelajaran yang dirancang secara baik dan kreatif dengan memanfaatkan multimedia secara online akan dapat memperbesar kemungkinan siswa untuk belajar lebih banyak dari apa yang dipelajarinya dan dalam rangka meningkatkan kualitas belajar siswa. Media sebagai bagian integral pembelajaran, komponen ini perlu mendapatkan perhatian para guru. Pentingnya media dalam memfasilitasi peserta didik, penyajiannya disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Hadirnya media dalam proses pembelajaran sangat membantu peserta didik lebih memahami berbagai hal yang dipelajari. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang media online yang digunakan dalam pembelajaran PAI di SDN Kebonsari 2 Malang. 2) untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses penggunaan media online sebagai sarana pembelajaran PAI di SDN Kebonsari 2 Malang. 3) untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang kualitas belajar siswa setelah menggunakan media online dalam pembelajaran PAI di SDN Kebonsari 2 Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif artinya dituangkan dalam bentuk laporan dan uraian. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Instrumen penelitian yaitu berupa pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan langkah-langkah berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, pengujian keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Media pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN Kebonsari 2 Malang menggunakan media yang bertujuan untuk menyalurkan pesan dari guru ke peserta didik sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, dan minat serta kemauan peserta didik. Dengan demikian proses belajar mengajar itu terjadi dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) secara efektif. (2) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN Kebonsari 2 Malang dilaksanakan secara online yang disesuaikan dengan kurikulum yang telah ditetapkan oleh pemerintah, artinya tidak ada materi yang berubah selama pelaksanaan pembelajaran secara online. Materi tetap sama hanya saja yang berubah dalam level materinya, yang biasanya secara normal atau dengan level materi yang tinggi kini dalam masa pandemi materi lebih direndahkan dengan alasan kondisi siswa yang tidak memungkinkan memahaminya dalam kondisi jarak jauh. (3) Hasil pemanfaatan media online di SDN Kebonsari 2 Malang terlaksanya media pembelajaran secara online dapat berjalan dengan lancar dan praktis, karena media tersebut memenuhi kriteria kepraktisan. Pemanfaatan media pembelajaran yang telah dikembangkan vii dapat digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) sesuai dengan materi yang telah ditentukan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectMedia Onlineen_US
dc.subjectKualitas Belajar Siswaen_US
dc.titlePemanfaatan Media Online Sebagai Sarana Pembelajaran PAI dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa di SDN Kebonsari 2 Malangen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record