Show simple item record

dc.contributor.authorAriyanto, Isnaini Muqit
dc.date.accessioned2022-07-01T03:16:04Z
dc.date.available2022-07-01T03:16:04Z
dc.date.issued2022-03-25
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3966
dc.description.abstractMadrasah Aliyah Yayasan Taman Pengetahuan (YTP) Kertosono merupakan lembaga pendidikan yang berciri khas islami dan berbasis pesantren, yang di dalamnya memadukan dua unsur pendidikan, yaitu Pendidikan agama dan pendidikan umum. Pedoman yang dipakai adalah “innama bu’itstu liutammima makarimal akhlak”, maka akhlak dan spiritual harus dibangun terlebih dahulu sebagai pondasinya. Di madrasah ini, kecerdasan spiritual dikembangnkan melalui beberapa cara, salah satunya melalui mata pelajaran aqidah akhlak. Guru aqidah akhlak diharapkan mampu mengembangakan kecerdasan spiritual peserta didik melalui proses pembelajaran. Dari konteks penelitian di atas maka dapat difokuskan beberapa hal yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana perencanaan pengembangan kecerdasan spiritual peserta didik melalui pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Yayasan Taman Pengetahuan Kertosono ? 2) Bagaimana pelaksanaan pengembangan kecerdasan spiritual peserta didik melalui pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Yayasan Taman Pengetahuan Kertosono? 3) Bagaimana hasil dari pengembangan kecerdasan spirtual peserta didik melalui pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Yayasan Taman Pengetahuan Kertosono? Jenis penelitian ini adalah field reseach atau penelitian lapangan yang bersifat kualitatif,yaitu sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa katakata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan reflectif thinking (reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan). Dan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikut sertaan peneliti, ketekunan pengamatan, triangulasi dan auditing. Kesimpulan :1. Menentukan tujuan pembelajaran, memilih metode, memilih media dan evaluasi yang semuanya terakomodir di RPP yang dijabarkan dari silabus, prota promes. 2. Melalui pendekatan emosional yakni pendidik berusaha mengaktifkan ranah afektif peserta didik.Membina perilaku positif peserta didik yang dilakukan secara berulang-ulang. Mengguanakan metode dogmatik, deduktif dan induktif. 3. Suasana pembelajaran lebih kondusif, perbaikan moral dan spiritual peserta didik, mencegah dari perilaku negatif, mengendalikan emosi peserta didikdan Peserta didik memiliki Aqidah yang kuat dan Berakhlakul Karimah.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPengembangan Kecerdasan Spiritualen_US
dc.subjectPembelajaran Aqidah Akhlaken_US
dc.titlePengembangan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Melalui Pembelajaran Aqidah Akhlak Di Madrasah Aliyah Yayasan Taman Pengetahuan Kertosonoen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record