Show simple item record

dc.contributor.authorMohammad, Abdul Salam
dc.date.accessioned2022-07-01T03:22:54Z
dc.date.available2022-07-01T03:22:54Z
dc.date.issued2021-04-20
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3973
dc.description.abstractDidalam pelajaran akidah akhlak, isi materinya berkaitan erat dengan akidah dan akhlak siswa, yang kesemuanya itu adalah tujuan yang harus dicapai oleh seorang guru dan siswa dalam proses kegiatan pembelajaran guna mewujudkan akhlakul karimah. Maka dibutuhkan strategi yang tepat dari guru dalam membuat sebuah perencanaan yang nantinya dilaksanakan sebagai bentuk perwujudan dalam menanamkan ahlakul karimah siswa, baik melalui pembelajaran di dalam kelas ataupun di luar kelas. Oleh karena itu, strategi tidak dapat diterapkan tanpa guru dan keberhasilannya dalam menerapkan strategi, tergantung pada guru dalam memanfaatkan metode, model, teknik, media dan taktik atau gaya pembelajaran. Adapun fokus dari penelitian ini 1) mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan guru akidah akhlak dalam menanamkan akhlakul karimah siswa di MTs. Darut Taqwa 02 Sengonagung Kabupaten Pasuruan, 2) mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan guru akidah akhlak dalam menanamkan akhlakul karimah siswa di MTs. Darut Taqwa 02 Sengonagung Kabupaten Pasuruan, 3) mendeskripsikan dan menganalisis evaluasi guru akidah akhlak dalam menanamkan akhlakul karimah siswa di MTs. Darut Taqwa 02 Sengonagung Kabupaten Pasuruan, 4) mendeskripsikan dan menganalisis akhlak siswa di MTs. Darut Taqwa 02 Sengonagung Kabupaten Pasuruan. Pendekatan dan jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian studi kasus. Artinya penelitian ini disampaikan dalam bentuk laporan dan uraian berdasarkan data yang diperoleh. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Instrumen penelitian ini berupa pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan langkah-langkah berupa kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan pengujian keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan yang disiapkan oleh guru akidah akhlak dalam menanamkan akhlakul karimah siswa di MTs. Darut Taqwa 02 Sengonagung Kabupaten Pasuruan melalui kegiatan pembelajaran adalah pengembangan silabus, menyusun RPP, mengelola kelas, membuat jurnal pembelajaran, menambah buku teks pelajaran dan buku referensi guru. 2) Pelaksanaan yang dilaksanakan oleh guru akidah akhlak dalam menanamkan akhlakul karimah siswa di MTs. Darut Taqwa 02 Sengonagung Kabupaten Pasuruan melalui kegiatan pembelajaran meliputi kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup yang tertuang dalam RPP. 3) Evaluasi yang dilakukan oleh guru akidah akhlak dalam menanamkan akhlakul karimah siswa di MTs. Darut Taqwa 02 Sengonagung Kabupaten Pasuruan yaitu dengan cara mendiskusikan dengan sesama guru akidah akhlak mengenai model pembelajaran dengan memperbanyak contoh-contoh tauladan, selain itu dengan tanya jawab dan penilaian langsung kepada masing-masing individu siswa dengan cara melihat langsung bagaimana sikap, sifat dan prilakunya sehari-hari, serta ada penugasan dan ulangan harian. 4) Akhlak yang ada pada siswa MTs. Darut Taqwa 02 Sengonagung Kabupaten Pasuruan meliputi sikap kepatuhan/tawadhu, kemandirian belajar, tanggungjawab, kepedulian, religius, cinta tanah air dan saling menghormati dan saling menghargai sesama teman.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectStrategi Guru Akidah Akhlaken_US
dc.subjectMenanamkan Akhlakul Karimah Siswaen_US
dc.titleStrategi Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Akhlakul Karimah Siswa Di MTs. Darut Taqwa 02 Sengonagung Kabupaten Pasuruanen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record