dc.description.abstract | Didalam pelajaran akidah akhlak, isi materinya berkaitan erat dengan akidah
dan akhlak siswa, yang kesemuanya itu adalah tujuan yang harus dicapai oleh
seorang guru dan siswa dalam proses kegiatan pembelajaran guna mewujudkan
akhlakul karimah. Maka dibutuhkan strategi yang tepat dari guru dalam membuat
sebuah perencanaan yang nantinya dilaksanakan sebagai bentuk perwujudan
dalam menanamkan ahlakul karimah siswa, baik melalui pembelajaran di dalam
kelas ataupun di luar kelas. Oleh karena itu, strategi tidak dapat diterapkan tanpa
guru dan keberhasilannya dalam menerapkan strategi, tergantung pada guru dalam
memanfaatkan metode, model, teknik, media dan taktik atau gaya pembelajaran.
Adapun fokus dari penelitian ini 1) mendeskripsikan dan menganalisis
perencanaan guru akidah akhlak dalam menanamkan akhlakul karimah siswa di
MTs. Darut Taqwa 02 Sengonagung Kabupaten Pasuruan, 2) mendeskripsikan
dan menganalisis pelaksanaan guru akidah akhlak dalam menanamkan akhlakul
karimah siswa di MTs. Darut Taqwa 02 Sengonagung Kabupaten Pasuruan, 3)
mendeskripsikan dan menganalisis evaluasi guru akidah akhlak dalam
menanamkan akhlakul karimah siswa di MTs. Darut Taqwa 02 Sengonagung
Kabupaten Pasuruan, 4) mendeskripsikan dan menganalisis akhlak siswa di MTs.
Darut Taqwa 02 Sengonagung Kabupaten Pasuruan.
Pendekatan dan jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif
dan jenis penelitian studi kasus. Artinya penelitian ini disampaikan dalam bentuk
laporan dan uraian berdasarkan data yang diperoleh. Data yang digunakan adalah
data primer dan data sekunder. Instrumen penelitian ini berupa pedoman
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan langkah-langkah
berupa kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan pengujian
keabsahan data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan yang disiapkan
oleh guru akidah akhlak dalam menanamkan akhlakul karimah siswa di MTs.
Darut Taqwa 02 Sengonagung Kabupaten Pasuruan melalui kegiatan
pembelajaran adalah pengembangan silabus, menyusun RPP, mengelola kelas,
membuat jurnal pembelajaran, menambah buku teks pelajaran dan buku referensi
guru. 2) Pelaksanaan yang dilaksanakan oleh guru akidah akhlak dalam
menanamkan akhlakul karimah siswa di MTs. Darut Taqwa 02 Sengonagung
Kabupaten Pasuruan melalui kegiatan pembelajaran meliputi kegiatan awal,
kegiatan inti, dan kegiatan penutup yang tertuang dalam RPP. 3) Evaluasi yang
dilakukan oleh guru akidah akhlak dalam menanamkan akhlakul karimah siswa di
MTs. Darut Taqwa 02 Sengonagung Kabupaten Pasuruan yaitu dengan cara
mendiskusikan dengan sesama guru akidah akhlak mengenai model pembelajaran
dengan memperbanyak contoh-contoh tauladan, selain itu dengan tanya jawab dan
penilaian langsung kepada masing-masing individu siswa dengan cara melihat
langsung bagaimana sikap, sifat dan prilakunya sehari-hari, serta ada penugasan
dan ulangan harian. 4) Akhlak yang ada pada siswa MTs. Darut Taqwa 02
Sengonagung Kabupaten Pasuruan meliputi sikap kepatuhan/tawadhu,
kemandirian belajar, tanggungjawab, kepedulian, religius, cinta tanah air dan
saling menghormati dan saling menghargai sesama teman. | en_US |