Show simple item record

dc.contributor.authorSari, Muslimah Diana Nirwana
dc.date.accessioned2022-07-01T03:23:40Z
dc.date.available2022-07-01T03:23:40Z
dc.date.issued2021-10-28
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3974
dc.description.abstractPendidikan agama Islam perlu diajarkan kepada peserta didik pada setiap jenjang pendidikan, mulai pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Pendidikan pada tataran wacana maupun dalam praktiknya merupakan proses humanisasi, yakni memanusiakan manusia atau proses kedewasaan manusia menuju terbentuknya manusia paripurna (insan kamil), yakni pencapaian kemanusian yang sejati. Pembentukan manusia paripurna dijadikan sebagai tujuan yang ingin dicapai dalam proses pendidikan menjadi fokus perhatian utama dalam pelaksanaan pendidikan itu sendiri. Guru masa kini adalah guru yang siap menghadapi pembelajaran dalam segala kondisi, baik dalam kondisi normal maupun tidak normal seperti saat sekarang ini sehingga tidak ditemukan lagi keberadaan guru yang masih bingung dan tidak bisa menentukan langkah strategis, efisien dan efektif dalam mendesain dan melaksanakan pembelajaran karena semua sudah tersedia di internet atau google, baik materi maupun aplikasi, guru hanya memilih saja aplikasi yang hendak digunakan, namun diperlukan bekal pengetahuan cara mengaplikasikannya terlebih dahulu yang membutuhkan tenaga dan waktu untuk mempelajarinya. Adapun tujuan penelitian sebagai berikut: 1) untuk mendeskripsikan dan menganalisis media daring menjadi pilihan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kartika IV-8 Kota Malang 2) untuk mendeskripsikan dan menganalisis optimalisasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui media daring di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kartika IV-8 Kota Malang 3) untuk mendeskripsikan dan menganalisis tercapainya tujuan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui media daring di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kartika IV-8 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Dan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari metode tersebut kemudian peneliti menganalisis data yang ada melalui tiga komponen yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) media daring menjadi pilihan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kartika IV-8 ix Kota Malang karena adanya pandemi covid 19 ini, dan dapat diakses kapan pun dan dimanapun 2) optimalisasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui media daring di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kartika IV-8 Kota Malang, guru PAI menggunakan beberapa aplikasi online dalam melaksanakan pembelajaran, yaitu aplikasi whatsapp, email, website, google classroom, google formulir dan youtube yang sangat membantu dalam kondisi sekarang 3) tercapainya tujuan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui media daring di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kartika IV-8 Kota Malang yaitu hasil belajar saat pandemi tetap dan tidak adanya penurunan yang signifikan dengan kondisi saat sebelum terjadinya pandemi dan mayoritas dari peserta didik mendapatkan hasil belajar lebih dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan oleh pihak sekolah pada mata pelajaran PAI, yaitu minimal nilai 75.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPembelajaran Pendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectMedia Daringen_US
dc.titleEfektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Melalui Media Daring di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kartika IV-8 Kota Malangen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record