Show simple item record

dc.contributor.authorSania, Minakhus
dc.date.accessioned2022-07-02T02:35:58Z
dc.date.available2022-07-02T02:35:58Z
dc.date.issued2021-07-22
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4024
dc.description.abstractPemahaman konsep memiliki peran penting dalam pembelajaran matematika karena menjadi kemampuan mendasar yang harus dimiliki peserta didik dalam belajar konsep-konsep matematika selanjutnya. Oleh sebab itu, perlu adanya model pembelajaran yang tepat untuk mendukung peningkatan pemahaman konsep matematis peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang diharapkan dapat membantu peningkatan pemahaman konsep matematis peserta didik adalah model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII pada materi Statistika melalui model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan metode purposive sampling yaitu pemilihan dengan pertimbangan tertentu. Subjek penelitian dipilih berdasarkan kategori pemahaman konsep matematis tinggi, sedang, dan rendah yang dilihat dari hasil tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut. Rata-rata persentase keberhasilan kegiatan guru sebesar 86,05% dan rata-rata persentase keberhasilan kegiatan peserta didik sebesar 83,33%, sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan guru dan peserta didik selama proses pembelajaran telah berjalan dengan sangat baik. Hasil tes yang dilakukan peserta didik setelah pembelajaran lebih baik dari rata-rata nilai pada materi sebelumnya, dimana rata-rata nilai materi sebelumnya yaitu 50 dan rata-rata nilai setelah pembelajaran menggunakan model pembelajaran CORE yaitu 70,56. Subjek dengan pemahaman konsep matematis tinggi telah memenuhi setiap indikator pemahaman konsep matematis dengan sangat baik, subjek dengan pemahaman konsep matematis sedang memenuhi indikator pemahaman konsep matematis dengan baik, dan subjek dengan pemahaman konsep matematis rendah memenuhi indikator pemahaman konsep matematis dengan cukup baik. Kata Kunci: Pemahaman Konsep Matematis, Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, And Extending), Statistika.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Matematikaen_US
dc.subjectPemahaman Konsep Matematisen_US
dc.subjectModel Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, And Extending)en_US
dc.subjectStatistikaen_US
dc.titlePemahaman Konsep Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending) Materi Statistika pada Siswa Kelas VIII MTs Hasyim Asy’ari Batuen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record